SABTU , 17 NOVEMBER 2018

Begini Cara Kerja Kelompok Penjual Kunci Jawaban UN di Soppeng

Reporter:

Editor:

hur

Kamis , 07 April 2016 17:00
Begini Cara Kerja Kelompok Penjual Kunci Jawaban UN di Soppeng

int

SOPPENG, RAKYATSULSEL.COM – Jajaran Polres Soppeng terus melakukan pengembangan terkait penangkapan sembilan orang yang merupakan kelompok pelaku penjualan kunci jawaban ujian nasional di dua Sekolah di Soppeng.

Pelaku yang berhasil diamankan di Makassar yakni Fatahuddin (58) Kepsek SMA Makassar Raya dan Mattawang (37) Kepsek SMA Citra Mulia Makassar. Selain itu ada Ansar (28) Staf TU SMA Makassar Raya, Aditya Nugroho, Cacang, Ainul.

Kronologis pelaku pembocoran naskah UN diawali Kepala Sekolah SMA Makassar Raya, Fatahuddin yang mengambil tiga naskah ujian. Setelah mengambil naskah ujian, Fatahuddin kemudian menyerahkan ke Ansar yang menjabat sebagai staf TU di sekolah Makassar Raya untuk diperbanyak. Usai memperbanyak, naskah ujian yang asli tersebut dikembalikan ke tempat semula.

Usai memperbanyak naskah ujian, atas perintah Fatahuddin, Ansar membawa naskah ujian tersebut ke Kepala Sekolah Citra Mulia, Mattawang. Kemudian Mattawang meminta kepada Cacang untuk mencarikan orang untuk menjawab semua soal yang ada di lembaran soal. Cacang pada saat itu meminta bantuan kepada Ainul untuk menjawab tiga paket ujian tersebut. Usai menjawab paket ujian tersebut, Cacang dan Ainul mengirim jawaban tersebut via email kepada Aditya Nugroho.

Kapolres Soppeng AKBP Dodied Prasetyo Aji saat ditemui kembali menegaskan bahwa kesembilan pelaku ini diproses di Polres Soppeng dan hingga saat ini masih dilakukan pemeriksaan.

“Semua pelaku kita periksa di Soppeng, sampai saat ini belum dilakukan penahanan, kita hanya kenakan wajib lapor,” ujar Dodied

Pemeriksaan yang dilakukan kepada pelaku untuk mendeteksi pelaku lain yang melakukan aksi yang sama di daerah lain.

“Kita terus kembangkan kasus ini, karna saya yakin kasus yang sama ada di kabupaten lain,” ujarnya.


div>