MINGGU , 23 SEPTEMBER 2018

Begini Cara KPU Sikapi 72 Warga Beridentitas Parepare Domisili Barru

Reporter:

Anastasya

Editor:

Niar

Senin , 12 Maret 2018 18:59
Begini Cara KPU Sikapi 72 Warga Beridentitas Parepare Domisili Barru

int

PAREPARE, RAKSUL.COM- Dari hasil Pencocokan dan Penelitian (Coklit) data pemilih yang dilakukan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Parepare, ditemukan sekira 72 warga yang tinggal di luar wilayah pemilihan, seperti di Kabupaten Barru dan Pinrang.

Informasi ini diungkap Ketua KPU Parepare, Nurnahdiyah saat menggelar kegiatan Uji Publik rekapitulasi Daftar Pemilih Hasil Pemutakhiran (DPHP) di ruang Media Centre KPU Parepare, Senin (12/3/2018).

“Ada sekitar 72 orang yang ber-KTP Parepare tinggal di Kabupaten Barru dalam hal ini wilayah perbatasan antara Parepare dan Barru. Sementara untuk wilayah perbatasan Parepare dan Kabupaten pinrang kami belum dapat datanya,” ungkap Nurnahdiyah.

Menyikapi persoalan ini, Divisi Program dan Data KPU Parepare, Abdullah melakukan petunjuk berdasarkan Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) No 2 pasal 5 tahun 2016. Pemilih yang memenuhi syarat untuk menggunakan hak pilihnya kata dia, adalah pemilih yang beridentitas kependudukan daerah pemilihan.

“Jadi, pemilih yang tinggal di perbatasan kami berikan namanya ke KPU Barru dan Panwas Barru untuk disinkronkan, agar menghindari pemilih ganda,” ujar Abdullah.

Sementara, Ketua Panwaslu Kota Parepare, Zainal Asnun berharap, agar persoalan tersebut dapat ditangani serius oleh pihak KPU.

“Ini masalah serius, harus cepat ditangani,” singkatnya. (MP1)


div>