MINGGU , 19 AGUSTUS 2018

Begini Cara Mudah Hadapi Anak yang Sulit Lepas dari Gadget

Reporter:

Editor:

Lukman

Kamis , 09 Agustus 2018 12:00
Begini Cara Mudah Hadapi Anak yang Sulit Lepas dari Gadget

ILUSTRASI

RAKYATSULSEL.COM – Anak dan gawai semakin sulit dipisahkan di era sekarang. Namun, sebagai orang tua yang baik, Anda sebaiknya tidak membiarkan si kecil tenggelam dalam genggaman gawai. Pasalnya, penelitian terbaru menyebutkan bahwa anak yang hobi main gawai memiliki risiko yang lebih tinggi mengalami penyakit jantung.

Mengatasi hal ini, Anda tak perlu terlalu pusing menghadapi sang anak yang banyak akal.

Dr. Resthie Rachmanta Putri dari KlikDokter memberikan saran sebagai berikut untuk mencegah kecanduan gawai pada anak.

1. Beri contoh yang baik

Anak akan meniru apa yang orang tua lakukan. Karena itu, Anda harus terlebih dahulu mengerem aktivitas penggunaan gawai, sebelum menyuruh anak untuk berhenti.

2. Berikan rutinitas baru bagi anak

Anak biasanya akan marah jika aktivitas bermain gawai yang sudah menjadi rutinitas dihentikan begitu saja. Solusi terbaik, ganti gawai dengan aktivitas lain, misalnya membaca buku cerita atau bermain bersama.

3. Buat kesepakatan

Mengenai hal ini, orang tua harus membuat kesepakatan dengan anak soal berapa lama bisa menggunakan gawai dalam sehari. Waktu seperti saat makan, belajar, mengerjakan tugas, dan menjelang tidur, anak tidak boleh memainkan gawai. Ajari juga anak untuk bertanggung jawab dengan memberikan konsekuensi jika ia melanggar kesepakatan.

Jangan biarkan gawai menyeret anak Anda pada obesitas dan penyakit jantung. Segera lakukan tindakan sekarang juga, agar si Kecil dapat menatap masa depan dengan kondisi kesehatan yang terus terjaga dengan baik. (jpnn)


div>