SELASA , 18 SEPTEMBER 2018

Begini Harapan Petani di Lamalaka untuk IlhamSAH

Reporter:

Jejeth Aprianto

Editor:

Ridwan Lallo

Minggu , 11 Februari 2018 12:22
Begini Harapan Petani di Lamalaka untuk IlhamSAH

int

BANTAENG, RAKYATSULSEL.COM -Sejumlah petani di Kelurahan Lamalaka, Kecamatan Bantaeng punya harapan besar untuk pasangan Cabup Bantaeng, Ilham Azikin-Sahabuddin (IlhamSAH). Pasangan ini diharapkan bisa memajukan sektor pertanian di Bantaeng.

Hal itu diungkapkan oleh Lukman petani di Kelurahan Lamalaka saat bertemu Ilham Azikin, Sabtu, 10 Februari. Dia mengatakan, petani di daerah ini tidak pernah berhenti didera masalah setiap tahun.

Masalah yang paling umum adalah masalah pengairan. Hampir setiap tahun produksi pertanian selalu gagal jika memasuki musim kemarau. Padahal, sebagian besar warga di daerah itu sangat bergantung dengan hasil pertanian.

“Minimnya pengairan menjadi masalah di daerah ini setiap tahun. Kami berharap pasangan ini bisa mengobati masalah itu,” ujar Lukman.

Dia menambahkan, masalah lainnya yang kerap menghantui petani adalah status kepemilikan lahan P2. Status ini adalah tanah negara yang dikelola oleh warga untuk dijadikan sawah.

“Petani kerap merasa waspada. Sampai sekarang, belum ada kejelasan status,” jelas dia.

Hal yang sama diungkapkan oleh Zainuddin. Petani yang sudah lama mengelola lahan berstatus P2 juga berharap kejelasan lahannya.

“Hanya itu yang kami harapkan. Lahan yang menjadi tempat kami menggantungkan hidup,” terangnya.

Cabup Bantaeng, Ilham Azikin mengatakan, pemerintah nantinya akan hadir dengan dua tugas utama. Tugas itu adalah memberikan kepastian dan keteraturan.

Terkait dengan ketersediaan air irigasi, Ilham Azikin yakin ketersediaan air di Bantaeng sangat melimpah. Hanya saja, butuh keteraturan agar semua wilayah bisa mendapatkan air irigasi.

“Begitupun dengan status lahan P2. Memang ada standardisasi untuk lahan seperti ini. Pemerintah nantinya akan memberikan kepastian terkait hal seperti ini,” jelas dia.

Selain berkunjung ke Lamalaka, Ilham Azikin juga menemui warga di Letta, Lembang dan Tappanjeng yang berada di Kecamatan Bantaeng. Kedatangan Ilham Azikin di daerah ini disambut antusias warga. Ratusan warga selalu memadati kunjungan tersebut. (*)


div>