KAMIS , 26 APRIL 2018

Bekraf Ingin Kuliner Daerah Tunjukkan Talenta

Reporter:

Rusman

Editor:

asharabdullah

Jumat , 23 Februari 2018 17:00
Bekraf Ingin Kuliner Daerah Tunjukkan Talenta

Kepala Dubdirektorat Dana Masyarakat Bekraf, Hanifah Makarim, saat menjelaskan soal tata cara mendapatkan bantuan modal bagi usaha kuliner di Hotel Aryaduta Makassar, Jumat (23/2). (Foto : Rusman/RakyatSulsel)

MAKASSAR, RAKYATSULSEL.COM – Usaha kuliner yang makin menjamur tidak terlepas dari peluang yang diberikan pemerintah yang terus membuka kemajuan ekonomi kreatif.

Agar peluang dan pengembangan terus potensi, maka Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) terus melakukan sosialisasi Food Startup Indonesia (FSI). Sosialisasi yang ketiga ini diselenggarakan di Hotel Aryaduta, Makassar, Jumat (23/2), dan menghadirkan para penguusaha kuliner daerah setempat.

Direktur Akses Non Perbankan Bekraf, Syaifullah mengatakan, sosialisasi FSI ketiga ini sekaligus memperkenalkan platform website pendaftaran online demoday FSI 2018 dan platform ekosistem subsektor kuliner jaringan Bekraf seperti data pengusaha rintisan (startup) kuliner, mentor dan investor.

Ia menjelaskan, Bekraf adalah lembaga pemerintah non kementerian yang bertanggungjawab dibidang ekonomi kreatif. Ekonomi kreatif yang dimaksudkan adalah bidang aplikasi dan game developer, arsitektur, desain interior, desain komunikasi visual, desain produk, fashion, film animasi dan video, fotografi, kriya, kuliner, musik, penerbitan, periklanan, seni pertunjukan, seni rupa, televisi dan radio.

Syaifullah menerangkan, ekonomi kreatif (ekraf) diinginkan meningkatkan kontribusi perekonomian nasional. “Kita inginkan ekonomi kreatif menjadi tulang punggung ekonomi nasional,” tuturnya.

Ia mengakui, pengusaha ekonomi kreatif masih cenderung menggunakan modal sendiri sekira 92,37 persen.

Sehubungan dengan kondisi ini, lanjut Syaifullah, maka Bekraf mencoba mendorong pengusaha ekraf bisa mendapatkan bantuan dana dengan bekerja sama dengan lembaga keuangan. “Bekraf mengharapkan, produk dapat dikemas lebih menarik,” jelasnya. (*)


Tag
  • Bekraf
  •  
    div>