SELASA , 16 OKTOBER 2018

Beli 11 Sukhoi, Indonesia Tawarkan Barter Komoditas Ini ke Rusia

Reporter:

Editor:

asharabdullah

Rabu , 28 Februari 2018 09:54
Beli 11 Sukhoi, Indonesia Tawarkan Barter Komoditas Ini ke Rusia

int

JAKARTA – Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita menawarkan 30 komoditas untuk dijadikan imbal dagang dengan Rusia. Hal ini berkaitan dengan kontrak pembelian 11 pesawat tempur Sukhoi Su-35 senilai satu miliar dollar.

“Kita kasih mereka listnya dan kita akan diskusikan sama mereka (Rusia),” terang Enggar di Cirebon, Rabu (28/2).

Enggar menyebutkan beberapa komoditas yang ditawarkan itu antara lain CPO, karet, alas kaki, gourment, furniture, mesin, palawija dan lain-lain.

“Saya ngak mau tergantung pada satu atau dua komoditi, karena ini sekaligus bagian dari promosi,” jelasnya.

Sebelumnya, Direktur Jenderal Perdagangan Luar Negeri, Oke Nurwan menjelaskan dalam hal imbal dagang ini, pemerintah Rusia diwajibkan untuk membeli komoditas dengan nilai USD 570 juta.

Nantinya, Rusia bebas memilih komoditi mana yang akan dibeli sesuai dengan 30 daftar yang telah ditawarkan.

Skema imbal dagang ini, kata Oke merupakan yang pertama kali dilakukan oleh pemerintah Indonesia. Dimana pemerintah melalui Kementerian Perdagangan telah menandatangani pembelian 11 pesawat tempur Sukhoi Su-35 senilai satu miliar dollar yang akan tiba secara bertahap.

Adapun, dua pesawat Sukhoi akan diserahkan pada Agustus 2018 mendatang. Sementara enam pesawat lainnya akan diserahkan 18 bulan setelah kontrak mulai berlaku kemudian sisanya lima bulan setelah itu.

(uji/JPC)


div>