JUMAT , 19 JANUARI 2018

Berapa Kali Pipis Sehari yang Normal?

Reporter:

Editor:

rakyat-admin

Minggu , 18 Januari 2015 23:33

JAKARTA, RAKYATSULSEL.COM –  Pada dasarnya, tubuh kita diciptakan sedemikian rupa sehingga ketika ada makanan atau minuman masuk maka ada juga yang harus dikeluarkan tubuh. Bicara mengenai kotoran tubuh seperti air seni, tahukah Anda berapa kali kira-kira normalnya kita pipis setiap hari?

Pakar kandungan dr. Fernandi Moegni, SpOG mengatakan, normalnya kita pipis delapan kali dalam sehari dengan interval 4-5 jam. Sehingga kalau pipis menjadi lebih sering, harus dicari tahu penyebabnya karena bisa jadi kandung kemih Anda bermasalah.

“Dalam satu hari, berkemih kurang dari 8 kali itu masih normal. Tapi masalahnya, banyak ibu-ibu yang sering mengalami kelainan atau beser. Ini bukan karena otot kandungan yang lemah tapi kandung kemih bermasalah,” kata Fernandi saat seminar Teknologi Stem Cell Autologus Terkini untuk Kesehatan di Hotel Aryaduta, Jakarta, ditulis Minggu (18/1/2015).

Menurut Fernandi, penyebab kelainan beser cenderung disebabkan karena kerusakan dasar panggul yang pada wanita biasanya karena kehamilan dan melahirkan.

“Dibanding laki-laki, risiko kerusakan panggul pada wanita memang 50 persen lebih tinggi lantaran mereka hamil dan melahirkan. Saat hamil, biasanya ada tekanan di panggul dan ketika melahirkan mungkin bayinya besar sehingga dia mengalami kerusakan dasar panggul,” tukasnya.

Untuk mengatasinya, kata dia, selain latihan kegel, melatih kandung kemih, mengurangi berat badan, melakukan pembedahan Tension-free Vaginal Tape (TVT), laser dan dengan teknologi stem cell autologus terbaru (pengambilan sel punca dari tubuh sendiri. (lptonl)


div>