SENIN , 20 AGUSTUS 2018

Berbagi dengan Kaum Dhuafa, Masjid al Markas ‘Tebar hewan Qurban’

Reporter:

Editor:

hur

Selasa , 15 September 2015 17:50

MAKASSAR, RAKYATSULSEL.COM – Sejak sebulan yang lalu, Masjid Al Markaz membuka pendaftaran bagi masyarakat kota Makassar yang ingin menyalurkan hewan kurban, dalam rangka ibadah pada hari Raya idul kurban nantinya.

Hal itu disampaikan Wakil Ketua Panitia Kurban Masjid Al Markaz, Safaruddin. Dikatakan, panitia Kurban Al Markaz telah membuka pendaftaran untuk dua jenis hewan kurban yakni sapi dan kambing. “Kalau sapi, bisa perorang, bisa juga berserikat sampai 7 orang dengan berat tidak kurang dari 70-80 kg,” jelasnya saat ditemui di Masjid al markaz, Selasa (15/9).

Lanjut dia, pihaknya menargetkan 40-50 ekor hewan kurban sumbangan warga hingga hari rakay Idul Adha. Hingga saat ini, jelas Safaruddin, sudah 22 ekor sapi sumbangan warga yang terdaftar. “Sepekan sebelum hari H, kami masih membuka pendaftaran, sampai sekarang pun masih. Kita punya panitia khusus yang selalu stay di sini,” terangnya.

Pada tahun 2014 lalu, Al Markaz menangani 23 ekor hewan kurban dari masyarakat. Untuk tahun ini, kata Saparuddin, pihaknya melihat antusiasme masyarakat sehingga berharap akan lebih dari target yang ditetapkan.

“Sampai hari ini saja sudah 22 ekor. Kami berharap pada hari H akan mencapai target, melihat antuasiasme masyarakat tahun ini yang tinggi untuk beribadah,” katanya.

Sistem yang diterapkan yakni pihak panitia kurban al Markaz akan membeli hewan kurban di luar tanpa melalui pemasok. “Dulu kami ada pemasok, tapi banyak yang protes, katanya lebih bagus kalau dibeli di luar, supaya bisa diliat,” jelas Safaruddin.

Sistem pemotongan pun dilakukan selama 4 hri, dimulai pada hari H lebaran Haji. “Pada hari H kita memotong paling banyak 5-6 ekor, hari-hari selanjutnya bisa sampai 10 ekor, dari jam 9 sampai setelah waktu ashar,” jelasnya.

Mengenai harga hewan, panitia menawarkan satu ekor sapi dengan harga Rp 9,8 juta, dengan tarif berserikat yakni Rp 1,4 juta per orang. Sedangkan satu ekor kambing seharga Rp 2.050.000.


div>