MINGGU , 21 OKTOBER 2018

Berebut Manisnya Suara Pemula

Reporter:

Editor:

asharabdullah

Selasa , 12 September 2017 10:00
Berebut Manisnya Suara Pemula

Ilustrasi pemilih. (Doc.RakyatSulsel)

MAKASSAR, RAKYATSULSEL.COM – Pemilih pemula merupakan pemilih yang sangat potensial dalam perolehan suara pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2018. Meski demikian,  pemilih pemula paling riskan terhadap pengaruh negatif, sehingga dalam pilkada, mereka tidak boleh dipandang sebelah mata, tapi mereka memerlukan pendekatan yang lebih nyata melalui program-program.

Tingkat kesadaran para pemilih pemula dalam pilkada, menunjukan perbedaan yang didasarkan pada kurangnya  pengalaman dan pemahaman politik, ada pemilih yang menggunakan hak pilih mereka untuk berpartisipasi lewat pesta demokrasi, namun ada juga sebagian pemilih pemula mengambil jalan untuk tidak memilih atau golongan putih (golput) karena bagi mereka pribadi, nasib mereka di tanggung mereka sendiri.

Pakar Politik Universitas Bosowa (Unibos) Makassar, Arief Wicaksono menuturkan pemilih pemula di Sulsel pada Pilkada dan Pemilihan Gubernur (Pilgub) Sulsel 2018 mendatang cukup potensial. Hal itu merujuk pada jumlah pemilih pemula yang cukup signifikan dengan beberapa faktor pendukung lainnya.

“Potensi pemilih pemula di Sulsel lumayan besar ya, sekitar kurang lebih 400 ribu pemilih. Itu yang baru masuk umur wajib pilih di 2018, belum yang pindahan, atau menikah muda, dan seterusnya,” ungkapnya.

Dimana, kata Arief, bisa dipastikan pemilih pemula akan menjadi incaran bagi para bakal calon kepala daerah untuk meningkatkan jumlah pemilihnya. Sehingga, banyak para kandidat yang lebih memilih kaula muda untuk dijadikan tim pemenangannya.

“Pemilih pemula inilah nanti yang akan diperebutkan oleh para calon kandidat gubernur Sulsel karena jumlahnya signifikan,” terang Arief.

Arief menjelaskan, dengan kata lain setiap calon kandidat tidak boleh menyepelekan pemilih pemula. Apalagi pemilih pemula yang statusnya sebagai mesin politik kandidat atau bahkan partai politik.


div>