SENIN , 19 NOVEMBER 2018

Beredar ‘Survei Internal’ Agus-TBL Tempatkan IYL di Posisi Pertama

Reporter:

Editor:

asharabdullah

Sabtu , 09 Juni 2018 08:59
Beredar ‘Survei Internal’ Agus-TBL Tempatkan IYL di Posisi Pertama

int

MAKASSAR, RAKYATSULSEL.COM – Setelah lima lembaga survei nasional yang menempatkan pasangan Ichsan Yasin Limpo-Andi Mudzakkar (IYL-Cakka) di posisi pertama, kini hasil survei Tiga Roda Konsultan beredar sosial media, Sabtu (9/6/2018).

Di survei yang di share ke group Pilgub Sulsel, memunculkan elektabilitas 4 kandidat gubernur. Hasilnya, Ichsan Yasin Limpo mendulang dukungan 27,5%. Disusul Nurdin Halid 17,8%, Nurdin Abdullah 16,9%, serta Agus Arifin Nu’mang , 15,9%. Rahasia 3,4%, dan tidak menjawab/ tidak tahu sebanyak 18,4%.

Hasil survei Tiga Roda Konsultan dikabarkan salah satu lembaga yang digunakan Agus Arifin Nu’mang-Tanribali Lamu untuk mengukur prilaku pemilih jelang pencoblosan.

Sejauh ini belum ada keterangan resmi dari pihak Tiga Roda mengenai hasil surveinya itu yang beredar di sosial media. Namun jika ini benar adanya, maka angka elektabilitas IYL hampir sama dengan hasil survei dua lembaga nasional lainnya, yakni JSI dan LSI.

Di survei LSI yang digelar April 2018, IYL-Cakka di angka 28,6%. Sedangkan survei JSI yang pengambilan datanya Mei 2018, elektabilitas IYL-Cakka 29,8%.

Dari perbandingan dua lembaga yang dikenal ‘raja’ riset dan pemenangan di Indonesia, selisih dengan Tiga Roda Konsultan berada di bawah batas marjin of error dalam survei.

Namun yang berbeda dalam survei Tiga Roda ini, selisih NH, NA dan Agus hanya terpaut tipis. Meski Agus tetap di Posisi ke empat, namun selisihnya dengan NH dan NA berada dibatas marjin of error yang biasanya mencapai plus-minus 3,8%. (*)


div>