MINGGU , 18 NOVEMBER 2018

Berguru di SMPN 2, Kepsek Talaud Puji Kemajuan Pendidikan Parepare

Reporter:

Editor:

Niar

Senin , 30 Juli 2018 14:23

PAREPARE, RAKSUL.COM– Kepala sekolah asal Kabupaten Kepulauan Talaud Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) memuji kemajuan pendidikan di Parepare.

Menurut mereka, pendidikan di Parepare sarat inovasi dan kreativitas. Perhatian Pemkot Parepare terhadap pendidikan besar, sehingga memudahkan sekolah untuk berinovasi dan berkreasi.

Ini diungkap Adriana N Maalua, Kepala SMPN 1 Lirung Kabupaten Kepulauan Talaud, dan Yuditha B Tinihada Kepala SMPN 3 Lirung Talaud yang mengikuti program pertukaran kepala sekolah se-Indonesia di Parepare.

SMPN 2 Rujukan Parepare dan SDN 28 Parepare yang ditunjuk oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) untuk mengimbaskan kemajuan sekolahnya ke sekolah di daerah lain.

Adriana dan Yuditha saat berada di SMPN 2 Parepare, Sabtu, 29 Juli 2018, mengakui kemajuan SMPN 2, prestasi, manajemen, dan teknik pembelajaran di sekolah itu.

“Sekolah maju dan berprestasi itu terlihat dari jumlah siswanya, sarana dan prasarana, serta perhatian pemerintah. Kalau di Talaud, khususnya di SMPN 1 dan SMPN 3 Lirung, jumlah siswa sangat sedikit 1/10 dibanding jumlah siswa SMPN 2 Parepare. Perhatian pemerintah tidak sebesar di Parepare,” papar Adriana dibenarkan Yuditha.

Di Talaud pun lanjut Adriana, anggaran untuk pendidikan terbilang minim. Sekolah hanya bergantung pada bantuan operasional sekolah (BOS), tidak ada anggaran lain.

Sementara di Parepare, kata dia, anggaran untuk pendidikan lumayan besar. Selain dana BOS, juga ada anggaran pendidikan gratis, dan biaya operasional pendidikan (BOP).

“Jauhlah bedanya pendidikan di Parepare dan Talaud, Parepare jelas lebih baik. Nantilah kalau Kepala SMPN 2 Parepare ke Talaud melihat langsung kondisi pendidikan di sana,” ungkap Adriana.

Pertukaran Kepala Sekolah (Kepsek) se-Indonesia ini merupakan program
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melalui Dirjen Pembinaan Tenaga Kependidikan.

Melalui program ini, kepala sekolah yang dianggap berprestasi dan berhasil memajukan atau mengembangkan sekolahnya, ditunjuk untuk mengimbaskan kemajuan sekolah di daerah-daerah tertentu sebagai sekolah imbas.

Di Parepare, Kepala SMPN 2 Hj Sri Enyludfiah merupakan satu-satunya Kepsek di tingkat SMP yang ditunjuk dalam mengimbaskan kemajuan sekolahnya. Kepsek ini ditugaskan untuk mengimbaskan perilaku, program kegiatan, dan strategi dalam menjalankan tugas pokok dan fungsi sebagai Kepsek di SMP Kepulauan Talaud, Sulawesi Utara.

Sebelumnya, Kepala SMPN 2 Parepare, Sri Enyludfiah sudah mengikuti workshop pertukaran Kepsek itu di Jakarta.

Menurut Sri Enyludfiah, pada 26 Juli hingga 1 Agustus 2018, Kepsek Kepulauan Talaud akan berkunjung ke SMPN 2 Parepare untuk belajar pengembangan dan kemajuan sekolah.

“Mereka akan datang untuk mengamati segala hal yang ada di SMPN 2 Parepare untuk diadopsi. Setelah itu, kami akan sama-sama kembali ke Jakarta, lalu mengikuti mereka ke SMP Kepulauan Talaud,” tandas Sri Enyludfiah. (*)


div>