RABU , 15 AGUSTUS 2018

Berkas Perbaikan Bacaleg Partai Berkarya Akhirnya Diterima

Reporter:

Fahrullah

Editor:

Lukman

Selasa , 07 Agustus 2018 12:00
Berkas Perbaikan Bacaleg Partai Berkarya Akhirnya Diterima

Ketua Partai Berkarya Kota Makassar, Yusuf Gunco saat menerima berkas perbaikan bakal calon legislatif dari KPU Makassar, Jumat (20/7).

MAKASSAR, RAKYATSULSEL.COM – Bakal Calon Legislatif (Bacaleg) Partai Berkarya Sulsel sudah bisa bernafas lega. Pasalnya, permohonan Pengurus DPW Partai Berkarya Sulsel agar perbaikan dokumen pencalonan anggota legislatif dapat diterima Komisi Pemilihan Umum (KPU), akhirnya dipenuhi.

Keputusan untuk menerima kembali perbaikan dokumen pencalonan Partai Berkarya Sulsel diputuskan setelah melalui proses mediasi antara Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sulsel yang diperantarai oleh Bawaslu di Kantor Bawaslu Sulsel, Senin (6/8/2018).

Mediasi itu berlangsung kurang lebih dua jam dengan keputusan gugatan Partai Berkarya diterima.

“Keputusan dalam mediasi ini telah membuat kesepakatan bahwa pihak KPU tetap menerima berkas Bacaleg Partai Berkarya atas sengketa yang diajukannya beberapa waktu lalu,” kata Komisioner Bawaslu Sulsel, Asradi.

Ia menilai pengurus Partai Berkarya dalam hal ini Ketua DPW, Andi Patabai Pabakori berada di Jakarta dan diberikan mandat tidak memperlihatkan surat tugas mereka padahal melakukan perbaikan pada waktu ditentukan.

“Karena Ketua DPW Partai Berkarya sedang berduka dan sekretarisnya sakit sehingga tidak bisa hadir, dan ini bukan unsur kesengajaan,” ungkapnya.

Untuk itu, Bawaslu Sulsel bersama KPU Sulsel dan Partai Berkarya Sulsel telah sepakat untuk memasukan berkas Bacaleg dalam waktu lima jam. “Hari ini (kemarin) Partai Berkarya harus segera memasukan berkas pada hari ini paling lambat pukul 16.00 atau jam 4 sore,” jelasnya.

Sementara, Komisoner KPU Sulsel, Fatmawati mengatakan alasan diterimanya kembali berkas Partai Berkarya setelah ada penjelasan dari Ketua DPW Berkarya, Andi Patabai Pabakori yang ketika itu sedang berduka dan tidak ada waktu untuk bisa kembali ke Makassar mengurus partainya.

“Melalui forum mediasi ini kita menerima karena kita sebelum juga tidak mau keluar dari ketentuan,” katanya.

Diterimanya permohonan Partai Berkarya itu menjadi salah satu bentuk kesyukuran. Karena, kader partai besutan Hutomo Mandala Putra (Tommy Soeharto) itu dipastikan ikut bertarung pada 11 Daerah Pemilihan (Dapil) 2019 mendatang.

“Alhadmullilah kita bersykur kepada Allah atas mediasi berjalan dengan baik, apa yang kita masukan disambut positif dan ini salah satu bentuk jika Partai Berkarya akan semakin besar,” kata Ketua DPW Berkarya, Andi Patabai Pabakori.

Dengan demikian pihaknya menyerahkan seluruh berkas kelengkapan Bacaleg mereka yang sebelumnya ditolok oleh KPU Sulsel. “Kita telah melengkapi semua berkas,” pungkasnya.

Sebelumnya, DPW Berkarya Sulsel mengajukan gugatan ke Bawaslu Sulsel. Karena KPU Sulsel tidak menerima atas tindakan proses perbaikan berkas Bacalegnya.

Saat itu, berkas perbaikan Bacaleg Partai Berkarya ditolak oleh KPU Sulsel lantaran adanya syarat yang tidak terpenuhi, yakni tidak adanya tanda tangan Ketua DPW dan Sekretaris Berkarya Sulsel dalam berkas B1 dan B2 pengajuan perbaikan.

Dalam B1 dan B2 tersebut memang tidak dibubuhi tanda tangan ketua maupun sekretaris defenitif, tapi bukan berarti kosong. (*)


div>