• Jumat, 25 Juli 2014
Iklan | Privacy Policy | Redaksi | Citizen Report

Berkas Tak Lengkap, KPU Coret Bacaleg

Rabu , 01 Mei 2013 12:04
Total Pembaca : 330 Views
SERAHKAN DCS: Ketua Gerindra Sulsel A Rudiyanto Asapa menyerahkan daftar caleg sementara (DCS) di KPUD Sulsel belum lama ini. (Foto : OPHIK/RAKYAT SULSEL)

Baca juga

RAKYATSULSEL.COM, MAKASSAR – Sejumlah bakal calon legislatif (bacaleg) dari 12 parpol untuk DPRD Provinsi Sulsel terancam gugur. Pasalnya, sejumlah berkas dan syarat administrasi caleg yang masuk dalam DCS yang disodorkan partai, tidak dipenuhi sejumlah bacaleg.

Diketahui, dari 12 partai yang memasukkan DCS, ada sekitar 1020 bacaleg yang akan memperebutkan 85 kursi DPRD Sulsel. Parahnya, beberapa parpol saat menyerahkan DCS tidak disertai kelengkapan berkas. “Berdasarkan hasil verifikasi berkas bacaleg, sebagian besar partai politik belum menenuhi syarat pendaftaran. Seperti kelengkapan berkas para bacaleg yang masuk dalam DCS,” ujar juru bicara KPU Sulsel Asrar Marlang saat dikonfirmasi, Selasa (30/4).

Menurut Asrar, dengan banyaknya bacaleg yang belum menyertakan kelengkapan berkasnya akan berdampak buruk bagi para calon yang akan gugur dalam verifikasi DCS.

Jika merujuk pada Undang-undang Pemilu dan Peraturan KPU nomor 7 dan 13 tahun 2013, caleg harus melengkapi semua syarat yang telah ditetapkan seperti ijazah terakhir minimal ijazah SMA dan sederajat, bebas narkoba, hingga memperlihatkan hasil tes kejiwaan maupun kesehatan. “Jika salah satu administrasi calegnya tak lengkap, maka akan dicoret dan tidak diikutsertakan dalam Pileg mendatang,” katanya.

Komisioner KPUD Sulsel Ziaurrahman, juga mempertegas, kalau ada baka caleg yang belum loengkap berkasnya sebelum ditetapkan dalam DCT sebaiknya segera mengurus dan memperbaikinya. KPU akan memberi waktu hingga 20 Mei untuk melakukan perbaikan. “Sebelum masuk daftar caleg tetap, (DCT), maka Parpol harus melengkapi semua syarat administrasi calegnya,” ujarnya.

Apa agi hingga saat ini, ada tiga partai yang belum melengkapi data DCS-nya seperti  PKB, PKPI dan PBB. “Saat ini, ketiga Parpol tersebut masih kekuarangan caleg, PKB kurang dua, PKPI kurang empat dan PBB kurang satu. Sedang Gerindra, DCS-nya belum dilengkapi dengan foto dan beberapa syarat lainnya,” ujarnya. (RS6)

 

PARPOL TAK LENGKAP

- PKB: kurang 2 bacaleg.

- PKPI: kurang 4 bacaleg.

- PBB: kurang 1 bacaleg.

- Gerindra: DCS belum dilengkapi foto dan syarat lain.