SELASA , 25 SEPTEMBER 2018

Berkas Tersangka Pungli SMA 1 Makassar Rampung

Reporter:

Editor:

doelbeckz

Rabu , 07 Juni 2017 13:02
Berkas Tersangka Pungli SMA 1 Makassar Rampung

Ilustrasi Kantor Kejaksaan Negeri Makassar.

MAKASSAR, RAKYATSULSEL.COM – Berkas tersangka kasus dugaan pungutan liar Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 1 Makassar, Abd Hajar dinyatakan lengkap. Hal itu diakui oleh Kepala Seksi (Kasi) Intel Kejari Makassar, Alham, Selasa (6/6).

Alham mengatakan pihaknya masih menyelesaikan pemberkasan kasus pungutan liar (Pungli) dari mantan Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Makassar, Abd Hajar.

“Iya, berkas Pungli SMA 1 sudah siap dilimpahkan ke Pengadilan Tipikor, Minggu depan,” ujar Alham diberitakan Rakyat Sulsel, Rabu (7/6).

Ia menjelaskan, mekanisme pemberkasaan nantinya bersamaan dengan penyusunan rencana dakwaan (rendak) yang akan diberikan ke pihak Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor). “Pelimpahan juga sekaligus pemberian rendak ke Pengadilan,” kata Alham.

Sebelumnya, Alham mengatakan, dalam kasus ini diketahui terdapat pembentukan panitia sebagai penujukan asal-asalan alias fiktif. Menurut Alham, panitia offline hanya dijadikan alibi oleh terdakwa untuk melegalisasi perbuatannya.

“Panitia ini hanya akal-akalan, panitia dibuat setelah kasus ini mulai dilidik di kejaksaan, anggota panitia hanya ditunjuk-tunjuk,” kata Alham.

Hingga kini, Abd Hajar masih menjadi tersangka tunggal. Namun, ditegaskan Alham, bukan berarti tidak ada tersangka baru, terutama saat memasuki proses persidangan nanti.

[NEXT-RASUL]

“Keikutsertaan panitia nanti akan kita lihat seperti apa, yang jelas kami susun berkasnya dulu, minggu depan kita usahakan supaya bisa disidang bersamaan dengan SMA 5,” kata Alham.

Dalam kasus ini, Abdul Hajar disangkakan melanggar pasal 11 dan 12 Undang undang No 20 tahun 2001 tentang perubahan atas UU No 31 tahun 1999 tentang pemberantasan tindak pidana korupsi dengan ancaman hukuman maksimal 20 Tahun. (***)

 


div>