MINGGU , 18 NOVEMBER 2018

Berkedok Donasi Korban Sulteng, Seorang Petani di Ciduk

Reporter:

Sugihartono

Editor:

Iskanto

Jumat , 12 Oktober 2018 12:00
Berkedok Donasi Korban Sulteng, Seorang Petani di Ciduk

int

MAKASSAR, RAKYATSULSEL.COM – Seorang Petani dengan Inisial MR (41) berhasil diamankan oleh Sat Reskrim Polrestabes Makassar karena telah melakukan tindak pidana penipuan dengan menggalang donasi terhadap korban bencana Palu dan Donggala, Sulawesi Tengah.

MR mengaku aksinya tersebut dilakukan lantaran sawahnya telah mengalami dua kali gagal panen.

“Ia melakukan hal tersebut dengan alasan karena faktor ekonomi setelah gagal panen selama dua tahun lamanya,” jelas Sat Reskrim Polrestabes Makassar, Kompol. Wirdhanto.

Wirdhanto mengungkapkan dalam melakukan aksinya, MR memanfaatkan kepedulian masyarakat terhadap korban bencana gempa dan tsunami dengan berpura – pura sebagai keluarga korban yang terdampak. Ia mengirim pesan singkat dengan meminta sumbangan dan donasi kepada keluarga korban.

”Adanya SMS yang diterima oleh korban terkait permohonan sumbangan keluarganya, anggota langsung menyelidiki kebenaran sumber yang menyebarkan berita yang beredar tersebut,” terang Wirdhanto.

Wirdhanto menambahkan, sebelum menjalankan aksinya pelaku terlebih dahalu menyiapkan perlengkapannya berupa Modem HP dan beberapa alat pendukung lainnya.

“Pelaku mengadakan rekening tambungan Cabang Donggala, Sim card, Modem Hp, kemudian merangkai kata-kata dan meminta sumbangan dengan mengcantumkan nomor rekening atas nama Risa Ristianti,” imbuhnya

Akibat perbuatannya, pelaku disangkakan Pasal 28 Ayat 1 JO 45 ayat 2 UU RI nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan transaksi elektronik. Dengan ancaman pidana penjara paling lama 6 tahun dan atau denda paling banyak Rp1 miliar. (*)


div>