KAMIS , 22 NOVEMBER 2018

Berlaku Hari Ini, Parkir di Jalan Kartini Selangit

Reporter:

Armansyah

Editor:

Iskanto

Kamis , 01 November 2018 08:00
Berlaku Hari Ini, Parkir di Jalan Kartini Selangit

ANDRISAPUTRA/RAKYATSULSEL TARIF PARKIR NAIK. Petugas PD Parkir Kota Makassar, melakukan scan pada kendaraan roda empat yang terparkir di marka kota, Jl Kartini Makassar, Rabu (31/10). Untuk sementara pengendara roda empat yang parkir di marka kota masi dikenakan tarif Rp 5.000, namun pada 1 November (hari ini), pengendara yang parkir di area tersebut akan dikenakan tarif sebesar Rp 15.000

MAKASSAR, RAKYATSULSEL.COM – Perusahaan Daerah (PD) Parkir Makassar Raya hari ini mulai memberlakukan tarif parkir khusus di Jalan RA Kartini.

Hal itu berdasarkan Surat Keputusan (SK) Wali Kota Nomor 1941/900.539/Tahun 2018 tentang penetapan tarif jasa parkir progresif. Tak tanggung-tanggung, tarifnya mulai dari Rp15 ribu hingga Rp100 ribu.

Direktur Umum PD Parkir, Nikolaus Beni mengaku telah melakukan sosialisasi kepada seluruh pengguna jasa parkir sebelum resmi menerapkan tarif khusus tersebut per 1 November 2018. “Itu (aturan) sudah berlaku 1 November,” kata Niko–sapaan akrabnya, Rabu (31/10).

Niko menambahkan, sosialisasi penerapan tarif khusus di Jalan RA Kartini telah dilakukan. Misalnya, melalui media brosur dan spanduk dibeberapa titik, bahkan pihaknya memasang papan bicara.

Penerapan tarif di kawasan Jalan RA Kartini merupakan kawasan untuk tarif khusus. Tujuannya, meminimalisir pengendara yang kerap memarkir dibadan jalan. Terlebih lagi, maraknya mobil yang parkir di bahu Jalan RA Kartini menjadi salah satu penyebab terjadinya kemacetan di wilayah tersebut.

“SK itu keluar untuk mengantisipasi banyaknya pengendara yang parkir di bahu jalan (RA Kartini), karena disitu satu jalur dan bebas hambatan. Tapi kalau tetap mau parkir disitu yah bayar sesuai ketentuan itu,” katanya.

Niko menyebutkan tarif parkir di Jalan RA Kartini berdasarkan SK tersebut bersifat progresif. Tarifnya, Rp15 ribu untuk parkir di jam pertama, kemudian meningkat sebesar Rp30 ribu untuk jam kedua hingga lima jam berikutnya.

“Kalau parkir dalam jangka waktu lima sampai 12 jam itu Rp60 ribu, tapi kalau sudah diatas 12 jam atau bahkan sampai 24 jam itu tarifnya Rp100 ribu,” sebutnya.

Niko mengatakan, untuk titik parkir disebelah kiri Jalan RA Kartini, masih normal lantaran dinilai tidak menjadi hambatan samping terjadinya kemacetan. Namun, kedepan dia berjanji akan menertibkan parkir di semua jalur di Jalan RA Kartini.

“Sebelah kiri tidak menghambat, sebelah kanan yang menghambat jalur satu arah disitu. Tapi nanti kita atur ulang sehingga di Jalan RA Kartini bebas hambatan,” tegasnya.

Dengan tarif tersebut, dia mengimbau kepada seluruh pengendara agar memarkir di dalam kawasan Kanre Rong Ri Karebosi. Sebab, tarif yang diberikan kepada pengguna jasa parkir masih normal yaitu Rp3000 per jam untuk mobil dan Rp2000 per jam untuk motor.

Sementara, Direktur Utama PD Parkir Makassar Raya, Satriani Ulfa Mungkasa berharap agar penerapan tarif parkir yang tinggi bisa meminimalisir banyaknya pengendara yang parkir di bahu jalan. Apalagi, sebelah kanan Jalan RA Kartini merupakan kawasan larangan parkir.

“Sebelah kanan itu larangan parkir, makanya kita berharap masyarakat tidak memarkir kendaraannya disitu (Jalan RA Kartini),” tegasnya.
Kata dia, pemerintah kota telah menyiapkan lahan parkir di dalam area Kanre Rong Karebosi, sehingga diharapkan masyarakat lebih memilih parkir di kawasan itu lantaran tarifnya lebih murah.

“Kita berharap masyarakat parkir di kawasan Kanre Rong Ri Karebosi kita sudah siapkan lahan disitu juga untuk mengantisipasi terjadinya kemacetan. Tarifnya juga lebih murah, mobil Rp3000 dan motor Rp2000,” ucapnya. (*)


div>