RABU , 26 SEPTEMBER 2018

Bermasalah soal THR? Lapor ke Sini

Reporter:

Editor:

doelbeckz

Kamis , 15 Juni 2017 11:16
Bermasalah soal THR? Lapor ke Sini

Ilustrasi.

JAKARTA – Pemberian Tunjangan Hari Raya (THR) yang notabene kewajiban perusahaan, terkadang tak selalu berjalan mulus. Di sejumlah daerah, masih ada saja pekerja yang tak mendapatkan haknya.

Berangkat dari hal itu, Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (FSPMI) dan Persatuan Pekerja Muslim Indonesia Karawang menyiapkan posko pengaduan THR di Ruko Green Village, Galuh Mas nomor 52, Telukjambe Timur, Karawang Barat.

“Kami siap menerima aduan kawan-kawan buruh,” ujar Daeng Wahidin Ketua PPMI Karawang, saat dihubungi, Rabu (14/6).

Menurut Daeng, pendirian Posko THR dilakukan untuk mengadvokasi mereka yang dirugikan.

Hal senada juga dilakukan Dinas Tenagakerja dan transmigrasi Kabupaten Karawang. Mereka membuka pos pengaduan THR di kompleks perkantoran dinas, di jalan Surotokunto.

Kepala Dinas Tenagakerja dan Transmigrasi Kabupaten Karawang, Ahmad Suroto mengatakan, pihaknya menerima setiap aduan dari buruh yang tidak menerima THR. Ia pun bakal memberikan sanksi kepada perusahaan yang tidak memberikan THR.

“Ada sanksi administratif bagi perusahaan yang melanggar imbauan menteri Hanif. Misalkan kami tidak akan berikan izin tenaga kerja asing,” ungkapnya.

[NEXT-RASUL]

Suroto mengimbau seluruh perusahaan di kawasan industri untuk tertib memberikan hak pegawainya. Ia tidak ingin seperti tahun 2016 lalu. Saat itu ada beberapa perusahaan yang telat membayarkan THR.

“Yang penting THR harus diberikan. Kalau sampai ada perusahaan yang tidak memberikan THR, lapor pada kami,” tandasnya. (jpg)


div>