SELASA , 20 NOVEMBER 2018

BERSAING KETAT! Ini Peta Politik di Pilkada Takalar

Reporter:

Editor:

rakyat-admin

Jumat , 08 April 2016 16:38
BERSAING KETAT! Ini Peta Politik di Pilkada Takalar

int

TAKALAR, RAKYATSULSEL.COM — Perburuan kendaraan politik untuk kepentingan pengusungan pasangan cabup-wabup di Pilkada Takalar 2017, makin seru. Sembilan dari 12 parpol peraih kursi DPRD, tengah melangsungkan proses penjaringan. Siapa saja yang terjaring dan siapa bakal terbuang? Berikut gerilya parpol dan kandidat.

[NEXT-RASUL]

1. Tanpa Koalisi, Golkar Paling Seksi

Partai Golkar masih sangat seksi untuk kepentingan Pilkada Takalar 2017. Parpol nomor urut lima tersebut, merupakan satu satunya parpol yang memenuhi syarat mengusung pasangan calon bupati-wakil bupati Takalar, tanpa keharusan koalisi. Raihan enam kursi keanggotaan DPRD menjadikan Golkar meraih 20 persen suara.

Penjaringan bakal calon bupati/wakil bupati, sementara dilangsungkan papol berlambang pohon beringin rindang tersebut. Tahapan ini dibuka oleh DPD II Golkar Takalar selama empat hari, 6-9 April 2016.

Terdapat sedikitnya enam nama figur yang mewacana melirik Golkar di Pilkada Takalar. Mereka adalah Natsir Ibrahim, Burhanuddin Baharuddin, Amin Yakob, A.Tenri Olle Yasin Limpo, Nawir Rahman, dan Nirwan Nasrullah.

[NEXT-RASUL]

2. PKS Siapkan Figur Rival Petahana

PKS meraih suara signifikan di DPRD Takalar. Hasil Pemilu Legislatif 2014 menempatkan PKS sebagai parpol peraih suara terbanyak kedua di bawah Golkar di Takalar. Dari total 30 anggota DPRD, PKS meraih empat kursi atau sekira 13,3 persen. Jadi tetap harus membangun koalisi untuk memenuhi syarat pengusungan paslon di Pilkada 2017.

Lantas siapa saja figur bakal calon yang mewacana bakal mengendarai PKS? Nama Balonbup petahana Burhanuddin Baharuddin tak masuk di bursa penggodokan. Data yang dihimpun rakyatsulsel.com mencantumkan sedikitnya lima figur yang menguat. Mereka adalah Ketua DPW PKS Sulsel, Mallarangan Tutu, Samsari Kitta (Wakil Ketua PKS Sulsel), Aksin Suarso (Korwil Wilayah I), Hairil Anwar (Ketua DPD PKS Takalar), dan Sulaiman (Ketua Komisi DPRD Takalar).

Ada potensi Samsari Kitta bakal menjadi andalan PKS di Pilkada Takalar 2017. Sebab figur ini memiliki modal popularitas bahkan elektabilitas yang memungkinkan.

[NEXT-RASUL]


3. PKPI Jagokan Suzanna Kaharuddin

PKPI sejajar dengan PKS dalam daftar perolehan kursi keanggotaan DPRD Takalar Periode 2014-2019. Dengan raihan empat kursi atau sekira 13,33 persen, PKPI masih membutuhkan koalisi untuk bisa mengusung paslon di Pilkada Takalar.

Ketua PKPI Sulsel, Suzanna Kaharuddin, patut diperhitungkan dalam Pilkada Takalar 2017. Selain Suzannah, nama Bahtiar Maddatuang, juga mewacana di bursa balonbup/wabup oleh PKPI.

[NEXT-RASUL]


4. Tiga Kursi, Dua Balonbup Mewacana

Partai Demokrat    memiliki modal mumpuni menatap Pilkada Takalar 2017. Hasil Pileg 2014 menempatkan Demokrat sebagai parpol papan tengah bersama PPP. Meraih tiga kursi atau sekira 10 persen dari total 30 anggota DPRD Takalar.

Di bursa balonbup/wabup saat ini, Ikrar Kamaruddin, menjadi figur internal Partai Demokrat yang mewacana kuat bakal didorong di Pilkada Takalar 2017. Selain itu, Demokrat juga membangun komunikasi dengan figur lain semisal petahana, Burhanuddin Baharuddin.

[NEXT-RASUL]

5. PPP Jagokan Daeng Se’re, Paket Petahana atau Syamsari?
Sedikitnya enam figur yang mewacana sebagai balonbup/wabup yang berpotensi mengendarai PPP di Pilkada Takalar 2017. Dua diantaranya adalah kader internal PPP, sementara empat lainnya merupakan figur yang cukup populer.

Di internal PPP menguat nama Makmur Mustakim (Ketua Fraksi PPP DPRD Takalar) dan mantan anggota DPR RI, Ahmad Daeng Se’re.

Petahana Burhanuddin Baharuddin antara lain masuk dalam radar PPP bersama Ketua Golkar, Natsir Ibrahim. Selain itu terdapat Syamsari Kitta (Wakil Ketua DPW PKS Sulsel) dan mantan Wakil Bupati Takalar, Andi Makmur Sadda

PPP memiliki modal 10 persen suara berdasarkan perolehan kursi keanggotaan di DPRD. Dari total 30 jumlah anggota DPRD, tiga diantaranya berasal dari PPP.

[NEXT-RASUL]

6. Nasdem Godok Lima Balonbup
Lima kandidat mewacana dalam penjaringan bakal calon bupati/wakil bupati Takalar melalui Partai Nasional Demokrat (Nasdem). Mereka antara lain Burhanuddin Baharuddin (petahana), Natsir Ibrahim (Wabup Takalar), Dahlan Gege (Kader Nasdem), Syamsari Kitta (Wakil Ketua PKS Sulsel), serta mantan anggota DPR RI, Ahmad Daeng Se’re.

Nasdem mengantongi 6,67 persen suara berdasarkan perolehan kursi keanggotaan di DPRD Takalar saat ini. Dari total 30 kursi keanggotaan, Nasdem meraih dua kursi hasil Pemilu Legislatif 2014 lalu. Dengan begitu, maka Nasdem masih memerlukan kongsi politik untuk memenuhi syarat pengusungan pasangan cabup-wabup sebanyak 20 persen suara.

[NEXT-RASUL]

7. Hanura Wacanakan Ilham Jaya
Partai Hanura mengantongi satu kursi keanggotaan DPRD Kabupaten Takalar atau sekira 3,3 persen. Untuk kepentingan pengusungan pasangan calon di Pilkada, Hanura wajib melakukan kongsi politik dengan parpol peraih kursi lainnya. Parpol nomor urut satu ini mewacanakan Ketua DPC Hanura Takalar yang juga anggota DPRD setempat,
Ilham Jaya Torada, sebagai calon bupati dan calon wakil bupati

[NEXT-RASUL]

8. Hengky Yasin Mewacana di PKB
PKB meraih satu kursi atau sekira 3,3 persen dari total 30 anggota DPRD Kabupaten Takalar Periode 2014-2019. Perolehan kursi dengan jumlah sama menempatkan PDIP, Hanura dan PBB.

Hengky Yasin menjadi figur tunggal yang mewacana sebagai bakal calon bupati/wakil bupati Takalar dari internal PKB. Hengky tak adalah kader PKB yang kini aktif sebagai anggota DPRD Sulsel.


div>