RABU , 12 DESEMBER 2018

Bersama Kapolda, Wagub Sambut Kloter Terakhir

Reporter:

Editor:

Ridwan Lallo

Selasa , 25 September 2018 22:49
Bersama Kapolda, Wagub Sambut Kloter Terakhir

IST

MAKASSAR, RAKYATSULSEL.COM – Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Sulsel Irjen Pol Umar Septono dan Wakil Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman menyambut kedatangan Kloter 35 Debarkasi Makassar, Selasa, (25/9/2018). Kloter 35 ini merupakan kloter terakhir Embarkasi Makassar.

Dalam sambutannya, Wagub Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman menyampaikan apresiasinya kepada segala komponen yang terlibat dari proses penyelenggaraan ibadah haji sejak keberangkatan hingga kepulangan jemaah haji.

“Saya dengar datanya tadi kita yang terbaik, betul-betul memperlihatkan bahwa kita memang bisa menjadi yang terbaik dengan kerja ini kedepannya kita harus lebih baik lagi. Tentu kita akan mereview dan melihat apalagi yang harus kita benahi lagi untuk menjadi jauh lebih baik lagi,” ujarnya.

Andi Sudirman Sulaiman juga mengajak seluruh jemaah haji untuk senantiasa menjaga kelestarian haji. “Melalui momentum ini kita bisa hijrah, setelah melengkapi Rukun Islam maka setiap prilaku kita harus hijrah, yang tadinya salatnya bolong-bolong sekarang harus sudah full, juga tanggalkan segala prilaku yang tidak baik,” imbaunya.

“Lakukan perubahan dalam hidup kita, Insya Allah akan ada kemudahan dalam setiap alur kehidupan kita,” jelasnya.

Sementara Sekretaris PPIH Makassar, Kaswad Sartono mengatakan, kloter 35 sendiri tiba di tanah air pukul 11.51 wita, 14 menit lebih cepat dari jadwal dengan nomor penerbangan GA1320, terdiri atas jemaah haji asal Kabupaten Luwu Utara 229 orang, Kabupaten Enrekang 187 orang, 7 jemaah asal Kota makassar serta asal Sidrap 4 orang, Barru 2 Jemaah dan masing-masing 1 orang jemaah asal Kota Parepare, Maros dan Pinrang.

Ia juga menyuguhkan rekapitulasi data jemaah yang berangkat sebanyak 15.861 orang, kembali ke tanah air sebanyak 15.834 hemaah dengan selisih 27 orang dengan rincian wafat di Tanah Suci 21 orang, sakit dan masih menetap di Arab Saudi 5 orang serta 1 jemaah haji lainnya memilih pulang melalui penerbangan reguler dengan presentase kepulangan sebesar 99,83 persen. (*)


div>