SABTU , 23 JUNI 2018

Besaran Zakat Fitrah Tak Berubah

Reporter:

Editor:

doelbeckz

Rabu , 14 Juni 2017 13:41
Besaran Zakat Fitrah Tak Berubah

Ilustrasi. foto: net

MAKASSAR, RAKYATSULSEL.COM – Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kota Makassar menggelar rapat penetapan zakat Fitrah Ramadhan 1438/2017, Selasa (13/6). Rapat ini untuk menentukan harga pembayaran zakat fitrah Ramadan tahun ini dengan melihat dan memantau harga pasaran di wilayah Makassar.

Rapat ini melibatkan sejumlah instansi seperti Majelis Ulama Indonesia (MUI) Makassar, Baznas Makassar, Kepolisian Resort Kota Besar (Polrestabes) Makassar, Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Makassar, Dinas Sosial (Dinsos) Makassar, Nahdatul Ulama (NU), Muhammadiyah, dan pengurus masjid.

“Kita sudah melakukan pementau harga dan hasil rapat sudah disepekati bersama yang tertuang dalam keputusan Kemenag Kota Makassar,” ujar Muh Nur, Kepala Kemenag Makassar diberitakan Rakyat Sulsel, Rabu (14/6).

Ia menambahkan bahwa tidak ada perbedaan harga soal penetapan zakat fitrah dari tahun ke tahun, pemantauan harga zakat fitrah ini dilakukan untuk menyusuaikan harga.

“Iya kita cek harga di pasaran dan hasil informasi Disperindag Makassar dan Kemenag Makassar menjadi acuan penetapan,” kara Muh Nur.

Nur menjelaslan, zakat fitrah adalah bahan makanan yang dikonsumsi dari keluarga bersangkutan. Bagi yang mengkonsumsi beras, zakat fitrahnya kurang lebih empat liter tiap orang. (***)


div>