SABTU , 17 NOVEMBER 2018

Besok, Pertamina Luncurkan Dexlite

Reporter:

Editor:

faisalpalapa

Kamis , 14 April 2016 07:57
Besok, Pertamina Luncurkan Dexlite

int

Bahan bakar baru milik PT Pertamina, dexlite, akan diluncurkan Jumat (15/4). Harga bahan bakar untuk mesin diesel itu dipatok Rp 6.750 per liter.

Warga di luar Jabodetabek harus bersabar. Sebab, produk tersebut masih terbatas untuk 33 SPBU di ibu kota.

Dirut Pertamina Dwi Soetjipto menyatakan, pihaknya tidak menetapkan target dalam peluncuran dexlite. Masyarakat dibebaskan memilih bahan bakar yang kualitasnya lebih baik daripada solar. “Kami launching Jumat ini. Nanti lihat animo masyarakat,” terangnya kemarin.

Dwi menambahkan, penanganan yang sama seperti pertalite akan diterapkan dalam penyebaran dexlite. Pertamina memulai pertalite di Jakarta lebih dulu. Lantas, perlahan menyebar ke berbagai wilayah Indonesia. Terakhir, pertalite hadir di Palu, Sulawesi Tengah.

Mantan Dirut PT Semen Indonesia Tbk itu berharap pemilik mobil pribadi tak lagi menggunakan solar setelah dexlite diluncurkan. Kandungan cetane (48) yang rendah dalam dexlite dapat membantu mengurangi beban subsidi negara. “Harapannya, beban subsidi bisa dikurangi dan masyarakat mendapatkan solar yang lebih baik,” ujarnya.

Vice President Fuel Retail Marketing Pertamina Afandi mengungkapkan, kualitas dexlite lebih baik daripada solar bersubsidi karena beberapa hal. Salah satunya, kadar sulfur yang jauh lebih rendah, yakni 1.000–1.200. Berbeda dengan kadar solar yang mencapai 3.500. “Yang mau bahan bakar diesel cetane 51, bisa ke dexlite,” tuturnya.


Tag
div>