RABU , 22 AGUSTUS 2018

Besok, Sumarsono dan NA Bahas Sekprov Definitif

Reporter:

Al Amin

Editor:

asharabdullah

Senin , 23 Juli 2018 13:00
Besok, Sumarsono dan NA Bahas Sekprov Definitif

Soni Sumarsono

– Tautoto, Jufri Rahman, dan Irman YL Terancam

MAKASSAR, RAKYATSULSEL.COM – Penjabat (Pj) Gubernur Sulsel Soni Sumarsono berencana akan bertemu dengan Gubernur Sulsel terpilih Nurdin Abdullah (NA), besok, Selasa (24/7), guna membahas kelanjutan kepemerintahan di lingkup Provinsi Sulsel.

Yang menjadi pembahasan, yakni pengusulan lelang jabatan untuk eselon II di lingkup pemprov sekaligus meminta pandangan NA terhadap penetapan Sekretaris Daerah Provinsi (Sekprov) Sulsel secara definitif.

Sumarsono, Minggu (22/7) kemarin, mengakui, pertemuan itu hanyalah sebagai bahan konsultasi dan menjadi etika pemerintahan.

“Saya belum konsultasi sama pak Nurdin, tunggu beliau dari Jepang. Nanti 24 Juli baru bisa ketemu sama beliau,” ujar Sumarsono.

Janji lelang jabatan lingkup Pemprov Sulsel usai Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak sempat diungkapkan Sumarsono. Untuk itu, desakan atas janjinya mewajibkannya harus meminta pandangan dari NA sebagai gubernur terpilih 2018-2023.

“Semua saya akan minta anggapan, bukan hanya eselon II saja, sekda juga dan semuanya,” ulas Sumarsono.

Meski begitu, diakui, pertemuannya dengan NA hanya sekadar berkonsultasi demi menjaga etika kepemimpinan, bukan untuk mencari rekomendasi dari NA.

“Itu soal etika sopan santun saja, jadi saya tidak mau, walau pun itu hak saya sebagai pj gubernur, tetapi saya menghormati gubernur terpilih untuk konsultasi saja. Ini bukan meminta rekomendasi, tapi sekadar konsultasi saja” jelasnya.

Sementara, Penjabat Sekretaris Provinsi (Sekprov) Sulsel, Tautoto Tanaranggina, menegaskan, dirinya selaku Ketua Baperjakat belum menerima usulan dari Sumarsono. Dirinya hanya mengakui, dalam waktu dekat pihaknya akan melantik dan mengukuhkan pejabat eselon III dan IV.
“Belum, yang ada baru usul mengisi jabatan kosong di eselon III dan IV,” katanya.

Tautoto mengungkapkan, saat ini pihaknya tengah mengiklankan nama tersebut ke Kemendagri sebagai prosedur pengangkatan jabatan.

“Setelah ada persetujuan dari Kemendagri baru dibuatkan Surat Keputusan (SK). sekarang usul itu sudah ada di meja Kemendagri,” ungkapnya.

Sebelumnya, tiga nama kuat pejabat teras Provinsi Sulsel digadang-gadang akan menjabat sebagai Sekprov Sulsel. Tiga nama itu, yakni Plt Sekprov Sulsel Tautoto Tana Ranggina, Kepala Dinas Pendidikan Sulsel Irman Yasin Limpo serta Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Sulsel Jufri Rahman.

Hanya saja, tiga nama di atas bisa saja terancam tidak terpilih jika NA menentukan pilihan lain.
Menanggapi hal itu, Tautoto enggan berbicara banyak, hanya saja ia mengetahui akan ada pertemuan antara Sumarsono dan NA.

“Saya tidak tahu apa yang jadi materi pembicaraan, tapi yang jelas Pak Pj Gubernur (Soni Somarsono) akan menerima gubernur terpilih hari Selasa,” jelasnya. (*)


div>