SELASA , 13 NOVEMBER 2018

Besok, Timsel Umumkan 14 Calon Komisioner KPU Sulsel

Reporter:

Suryad Maswatu

Editor:

asharabdullah

Selasa , 03 April 2018 11:15
Besok, Timsel Umumkan 14 Calon Komisioner KPU Sulsel

Anggota Timsel KPU Sulsel, Bachtiar Maddatuang.(ist)

MAKASSAR, RAKYATSULSEL.COM – Tim Seleksi (Timsel) calon komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Sulsel melakukan rapat pleno di Hotel d’Maleo Makassar, Senin (2/4) kemarin.

Anggota Timsel KPU Sulsel, Bachtiar Maddatuang, mengungkapkan, pleno tersebut untuk menimbang serta menilai hasil tes dari 42 peserta yang ikut tes kesehatan dan wawancara, yang ditetapkan menjadi 14 nama calon.

“Pleno malam ini sampai Selasa menilai hasil tes 42 nama, saat ini menjadi 14 nama,” ujarnya, Senin (2/4).

Dijelaskan, setelah memakai proses dan tahapan yang panjang, timsel akan menetapkan 14 nama calon yang lulus seleksi terakhir ini. Kemudian, akan diumumkan pada 4 April, besok.

“Kami akan pleno 14 nama calon komisioner tanggal 4 April nanti,” katanya.

Setelah itu, lanjut dia, timsel akan mengirim 14 nama itu ke KPU RI, untuk ditentukan. Tujuh nama akan dikirim kepada timsel untuk ditetapkan sebagai komisioner yang baru pada tanggal 6 April nanti.

“14 nama itu kami kirim ke KPU RI, kemudian ditentukan tujuh nama. Akan kami umumkan tanggal 6 April, setelah dari Jakarta,” terangnya.

Seperti diketahui, sesuai dengan Undang-Undang No 7 Tahun 2017, terdapat perbedaan jumlah anggota KPU di setiap provinsi yang akan menjalankan tugas masa periode 2018/2023.

Sebelumnya, Ketua Timsel KPU Sulsel, Basti Tetteng, menegaskan, pendaftaran hingga tes calon anggota komisioner KPU Sulsel berjalan sesuai jadwal yang telah ditentukan pusat.

“Penelitian berkas dan kelengkapan administrasi pendaftar sampai seleksi tes tertulis, wawancara dan tes kesehatan sesuai jadwal,” tuturnya.

Dia menambahkan, timsel juga telah melibatkan masyarakat, akademisi, jurnalis dan berbagai latar belakang untuk memberikan masukan dan tanggapan ke timsel, terkait latar belakang bakal calon yang akan diumumkan.

“Hasilnya kami jadikan sebagai bahan masukan bagi timsel untuk memberikan skor nilai, dan itu diumumkan tahapan akhir ini,” pungkasnya.

Hingga berita ini diturunkan, pihak timsel belum bisa memberikan keterangan perihal 14 nama yang akan dikirim ke KPU RI. (*)


div>