SELASA , 25 SEPTEMBER 2018

Best People – Budi Harta Winata Utamakan Salat dan Keselamatan Kerja

Reporter:

Editor:

irsad ibrahim

Kamis , 07 Juni 2018 11:18
Best People – Budi Harta Winata Utamakan Salat dan Keselamatan Kerja

int

MAKASSAR, RAKYATSULSEL.COM – Kisahnya kerap jadi perbincangan di media sosial, prinsipnya yang memiliki jargon ‘Utamakan Salat dan Keselamatan Kerja’ banyak disebar di mana-mana. Tak banyak pengusaha yang mengkombinasikan kerja dan ibadah agama. Prinsip itulah yang terus dipegang oleh Budi Harta Winata.

Pria yang berusia 40 tahun ini memasang slogan ‘Utamakan Salat dan Keselamatan Kerja’ menjadi pesan moral diperusahaannya untuk semua karyawannya.
Dia tak pernah memberikan toleransi pada pekerjaan bila tiba waktunya salat. Seluruh karyawan diajak salat berjamaah di musala yang dibuat sebagus mungkin.

“Jadi saya kenapa utamakan salat dan keselamatan kerja? Kenapa saya tulis seperti itu, analogi saya adalah saya suka naik motor. Kalau orang yang salatnya terpaksa karena dipaksa oleh atasannya. Anggaplah dia masih punya rem, tapi masih rem tromol. Tapi kalau 5 lima waktu, dia punya cakram. Tapi kalau dia sudah rajin dengan tahajud dan sunnahnya bagus, maka dia udah ABS (anti brake system),” ungkpanya.

Direktur Utama Pt Artha Mas Graha Andalan ini sadar, dengan menghentikan kegiatan pabrik konstruksi baja, ada potensi kerugian. Dia menyebut, bila mesin disetop selama 15 menit, bisa rugi sampai Rp 25 juta. Namun baginya, itu bukanlah persoalan. Malah dia menjadikan nilai kerugian itu sebagai keuntungan nanti di akhirat.

 

“Siapa tahu akan berguna bagi kita di akhirat nanti, kalau saya pernah mengajak orang salat meskipun cuma satu orang,” tandasnya.

Selain salat, prinsip utama yang ditanamkan Budi pada karyawannya adalah semangat wirausaha dan berbagi. Dengan berguna bagi orang lain, dia memperoleh kebahagiaan tersendiri.

“Saya ingin lebih banyak orang muslim yang buka usaha. Yang jadi entreprenur jadi membuka pekerjaan untuk orang lain. Mindset dia jadi pengusaha, bukan jadi pegawai negeri atau di perusahaan asing,” pungkasnya.


Tag
div>