SELASA , 23 OKTOBER 2018

BI dan Bank Nasional Luncurkan Kartu Debit GPN

Reporter:

Nhera

Editor:

Lukman

Minggu , 05 Agustus 2018 20:30
BI dan Bank Nasional Luncurkan Kartu Debit GPN

Bank Indonesia (BI) Provinsi Sulsel saat mengkapanyekan kartu debit atau ATM yang dapat digunakan untuk transaksi dalam negeri di sistem Gerbang Pembayaran Nasional (GPN) di Pantai Losari, Minggu (5/8).

MAKASSAR, RAKYATSULSEL.COM – Bank Indonesia (BI) bersama bersama bank-bank di Tanah Air meluncurkan kartu debit atau Atm yang dapat digunakan untuk transaksi dalam negeri di sistem Gerbang Pembayaran Nasional (GPN).

Diluncurkannya GPN merupakan suatu terobosan dalam Sistem Pembayaran Indonesia dengan menghilangkan fragmentasi melalui interkoneksi dan interoperabilitas antar Penyelenggara Jasa Sistem Pembayaran (PJSP).

Kepala Bank Indonesia Provinsu Sulsel, Bambang Kusmiarso, mengatakan, untuk mengkapanyekan GPN BI Provinsi Sulsel melaksanakan jalan santai di pantai losari
yang dihadiri 1.000 peserta, kampanye GPN ini dimulai 5 hingga 10 Agustus 2018.

“Launching Kampanye GPN pagi ini dihadiri ribuan masyakarat. Hal ini menunjukkan antusiasme Perbankan dan masyarakat untuk mendorong implementasi GPN,” ungkapnya.

Dampak positif yang diharapkan peluncuran GPN ini adalah mendorong sharing infrastructure, sehingga utilisasi terminal atm atau edc dapat meningkat dan yang berlebih dapat direlokasi ke daerah yang kekurangan. Mengurangi kompleksitas koneksi dari sebelumnya bilateral antar pihak, menjadi tersentralisasi kepada GPN.

“Masyarakat dapat bertransaksi dari bank manapun, dengan menggunakan instrumen dan kanal pembayaran apapun. Efisiensi nasional akan tercipta dari skema harga yang lebih kompetitif. Melalui GPN, akan terdapat penurunan Merchant Discount Rate (mdr) dari semula 1,6-2,6 persen menjadi 0-1 persen, yang akan menghemat biaya mencapai Rp17 miliar per hari,” bebernya.

Kehadiran GPN, lanjut Bambang, juga akan berdampak positif terhadap industri sistem pembayaran melalui efisiensi sistem pembayaran, peningkatan keamanan dan memperkuat ketahanan nasional.

“Efisiensi SP dapat dicapai melalui sharing infastructure dan perluasan akses SP melalui peningkatan intekoneksi dan interoperabilitas. Selain itu, peningkatan keamanan dengan menggunakan teknologi berstandar internasional,” ujarnya.

Sementara itu, dalam acara kampanye yang dipusatkan diarea pantai losari, Bank-Bank menyediakan booth dan mobil sebagai media informasi mekanisme penukaran kartu ataupun dapat langsung melakukan penukaran kartu.

Melalui kampanye ini, diharapkan bank-bank dapat mengenalkan GPN dan mendorong masyarakat untuk memiliki dan menggunakan kartu berlogo GPN. (*)


div>