SENIN , 20 AGUSTUS 2018

BI Sulsel Matangkan Kesiapan Implementasi Elektronik Jalan Tol

Reporter:

Editor:

Lukman

Rabu , 20 September 2017 21:35
BI Sulsel Matangkan Kesiapan Implementasi Elektronik Jalan Tol

Bank Indonesia, Perbankan dan Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) serta pemangku kepentingan lainnya terus melakukan koordinasi terkait kesiapan implementasi elektronik jalan Tol di Sulawesi Selatan.

MAKASSAR, RAKYATSULSEL.COM – Bank Indonesia, Perbankan dan Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) serta pemangku kepentingan lainnya terus melakukan koordinasi terkait kesiapan implementasi elektronik jalan Tol di Sulawesi Selatan.

Penerapan pembayaran e-money di jalan tol bakal dilakukan secara nontunai sejak tanggal 1 Oktober 2017 mendatang.

“Pemberlakuan transaksi tersebut diharapkan dapat meningkatkan efisiensi dan mempercepat proses pembayaran di jalan tol, sehingga masyarakat dapat melakukan perjalanan dengan lebih nyaman,” ungkap Kepala KPW Bank Indonesia Sulsel, Bambang Kusmiarso, saat memaparkan di hadapan media, di ruang rapat, Kantor Wilayah BI Sulsel, Jl Jend. Sudirman, Makassar, Rabu (20/9).

Selain itu, kata dia akan mempersiapkan sarana dan prasaran untuk implementasi jalan tol. Diantaranya, penyediaan kartu, penyediaan mesin top up dan mempersiapkan sistem pendukung.

“Sosialisasi dan edukasi telah dan akan dilakukan secara intensif agar masyarakat aware dan memahami manfaat penggunaan uang elektronik di jalan tol,” imbuhnya.

Persiapan ini dalam rangka memastikan kesiapan implementasi elektronifikasi jalan tol di Sulsel, pada tanggal 20 September 2017 telah dilakukan Rapat Koordinasi antara Bank Indonesia, Perbankan dan BUJT.

Didalam pembahasan tersebut, beberapa hasil pembahasan. Antara lain, sarana dan prasarana jalan tol telah siap untuk mengimplementasikan elektronifikasi jalan tol, perbankan menjamin ketersediaan kartu uang elektronik selama implementasi E-Tol, dan termasuk untuk keperluan top up uang elektronik. (*)


div>