SENIN , 17 DESEMBER 2018

Biaya Sertifikasi Guru Dibebankan Rp15 Juta per Orang‎

Reporter:

doelbeckz

Editor:

Rabu , 06 April 2016 15:08

PAREPARE, RAKYATSULSEL.COM – Jika sebelumnya biaya pelaksanaan kepada peserta PLPG untuk sertifikasi guru dilaksanakan dengan cuma-cuma alias gratis, kini biaya sertifikasi guru lingkup Dinas Pendidikan Kota Parepare, diduga akan dibebani Rp15 juta per orang. Hal ini lantaran tidak adanya lagi pemberian subsidi yang sebelumnya dibayarkan pemerintah setempat.

Kepala Seksi Komunikasi Dinas Pendidikan Parepare, Arif Makmur, menjelaskan, biaya sertifikasi tenaga guru tahun 2015 lalu disubsidi pemerintah daerah, namun saat ini tidak ada lagi subsidi.
“Sekarang sudah tidak ada lagi subsidi. Pada prinsipnya untuk biaya sertifikasi itu ada yang bayar sendiri ada juga yang disubsidi,” jelas Arif, Rabu (6/4).
Dia menegaskan, untuk jumlah biaya pelaksanaan bagi setiap peserta  belum dipastikan besarannya. Namun kata dia, berdasarkan hasil rapat dan sosialisasi dengan pihak Lembaga Pendidikan Tingkat Kejururan (LPTK) Universitas Negeri Makasar (UNM) Sulsel, jumlah biaya yang harus dipersiapkan oleh peserta berkisar Rp15 juta.
“Jadi, perkiraannya seperti itu. Belum jelas juga karena ini masih dalam proses pemberkasan,” katanya.
Lanjut Arif, pihak dinas pendidikan Parepar‎e, hanya sebatas mengelola berkas calon peserta. “Menyangkut keputusan biaya bukan kewenangan kami melainkan ‎dari LPTK,” terangnya.
Hingga sejauh ini, berdasarkan data yang diperoleh‎ dari dinas terkait, sedikitnya sudah ada 281 calon peserta yang sudah mendaftarkan diri sebagai calon peserta sertifikasi.
‎Sebagai syarat mutlak, bagi tenaga guru yang hanya  memiliki nilai di bawah 50 persen pada Uji Kompetensi Guru (UKG), maka dipastikan tidak diakomodir menjadi calon peserta. (***)

div>