SENIN , 23 JULI 2018

Birokrat dan Pelayan

Reporter:

Editor:

rakyat-admin

Kamis , 11 Februari 2016 12:00
Birokrat dan Pelayan

ADNAN PURICHTA IYL

APARAT pemerintahan atau juga disebut birokrat kadang berarti negatif bagi masyarakat. Birokrat dalam pengertian masyarakt awam, kadang diartikan sebagai orang yang memiliki kedudukan yang selalu ingin dilayani.

Padahal fungsi utama birokrasi adalah bagaimana menciptakan dan melaksanakan pelayanan bagi masyarakat atau lebih populer disebut pelayanan publik.

Birokrasi memiliki kewajiban, menciptakan pelayanan yang bisa membuat masyarakat nyaman. Anggapan itu sebenarnya wajar dengan kondisi kebanyakan birokrasi kita tempo dulu.

Hal-hal itu juga yang menjadi salah satu faktor yang kemudian melatar belakangi program reformasi birokrasi. Perubahan pola pikir birokrasi memang mesti dilakukan.

Termasuk karakter birokrasi mesti dibangun. Hal itu agar menghilangkan paradigma birokrasi yang identik denganĀ  sesuatu yang lama, bertele-tele, dan kaku.

Meskipun kadang itu dibutuhkan. Kenapa, karena aturan yang membuatnya seperti itu.

Siapa yang bisa merubah pemahaman negatif tentang birokrasi? Tentu birokrasinya sendiri. Bagaimana menciptakan pelayanan publik yang maksimal. Salamaki tapada salama.


Tag
div>