SABTU , 22 SEPTEMBER 2018

Bissu Pangkep Pukau Pengunjung Buleleng Expo 2018

Reporter:

Atho

Editor:

Lukman

Minggu , 20 Mei 2018 16:07
Bissu Pangkep Pukau Pengunjung Buleleng Expo 2018

Atraksi Bissu Pangkep, di Pesta Kesenian Bali ke-40 dan Buleleng Expo tahun 2018.

PANGKEP, RAKYATSULSEL.COM – Bissu Pangkep Pukau Pengunjung yang hadir di Buleleng Expo 2018, Bali, Jumat (18/05). Kehadiran Bissu pada pertunjukan kesenian di kabupaten Buleleng Bali ini untuk kali pertama, dan berhasil mengundang decak kagum para pengunjung yang hadir.

Tidak hanya menghadirkan tarian adat Bissu, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Pangkep yang hadir memenuhi undangan Pemerintah Kabupaten Buleleng Provinsi Bali, juga ikut mempromosikan gerbang spermonde sebagai salah satu potensi wisata bahari yang ada di Kabupaten Pangkep.

Pada event seni budaya tingkat Internasional dari tanggal 17 hingga 21 Mei 2018, Disparbud Pangkep menampilkan budaya Bissu.

Kepala Bidang Kebudayaan, Disparbud Kabupaten Pangkep, Dasriana Zulkarnaen yang hadir memimpin rombongan duta seni budaya Pangkep pada ajang internasional tersebut mengaku sengaja menampilkan atraksi bissu, sebagai upaya mengembalikan eksistensi budaya bissu di mata internasional.

“Karena ini kegiatan skala internasional, maka kita hadirkan bissu, kita mau kembalikan kejayaan bissu di mata internasional,” jelas Dasriana.

Terpisah, Kepala dinas Pariwisata dan Kebudayaan Pangkep, Ahmad Djamaan, yang dihubungi Sabtu (19/05), mengatakan bahwa Tim seni budaya Pangkep yang hadir dalam Pesta Budaya 2018 ini diharap mampu mendongkrak kunjungan wisata di Pangkep.

“Setiap tahun memang pihak penyelenggara dari Pesta Budaya ini mengundang kita, dan baru tahun ini kita penuhi, tidak hanya perwakilan budaya se nusantara bahkan dunia internasional ikut hadir,” ungkap Ahmad.

Ditambahkan bahwa kehadiran pemerintah Pangkep tidak hanya menampilkan seni budaya, tetapi juga mempromosikan gerbang Spermonde sebagai potensi wisata bahari daerah ini.

“Pangkep ini tidak hanya memiliki budaya Bissu. Namun ada aset wisata Bahari Spermonde yang juga perlu dipromosikan sebagai aset wilayah Kepulauan. Harapan Pangkep bisa melangkah ke level internasional,” tambahnya.

Kegiatan yang menghadirkan puluhan atraksi kesenian yang bertajuk Pesta Kesenian Bali ke-40 dan Buleleng Expo tahun 2018 tersebut dilaksanakan oleh Pemda Kab. Buleleng, provinsi Bali, yang dilaksanakan dari tanggal 17 – 21 Mei di bekas Pelabuhan Buleleng. (*)


div>