RABU , 26 SEPTEMBER 2018

Blanko e-KTP Siap, PRR Jadi Prioritas

Reporter:

Editor:

doelbeckz

Selasa , 25 April 2017 17:21
Blanko e-KTP Siap, PRR Jadi Prioritas

Ilustrasi.

SIDRAP, RAKYATSULSEL.COM – Dinas Sosial, Kependudukan, dan Catatan Sipil (Disosdukcapil) kekurangan 20 ribu blanko elektronik Kartu Tanda Penduduk (e-KTP).

Kepala Disosdukcapil Sidrap, H Syaharuddin Laupe, mengkaim, meskipun sudah ada blanko e-KTP dari pusat, namun belum cukup dari jumlah kebutuhan sekarang ini.

“Kemarin, kita sudah datang dari Jakarta mengambil sekitar 4 outer atau sekitar 8 ribu keping blanko e-KTP. Itu belum cukup, kita masih kekurangan sekira 20 ribuan blanko lagi,” kata Sarlop sapaan akrab Syaharuddin Laupe saat dihubungi Rakyat Sulsel, Selasa (25/4).

Sarlop menegaskan, blanko e-KTP yang baru-baru diambil itu hanya diprioritaskan untuk pemenuhan percetakan hasil perekaman yang siap cetak Print Ready Record (PRR).

“Ada sekira 8.185 data e-KTP warga Sidrap yang masuk ke server pusat siap di cetak. Sedangkan, ada 4.921 masih dalam proses pengiriman data ke pusat,” ucapnya.

Selain itu, Sarlop mengatakan, ada sekitar 3.247 warga yang melakukan pergantian elemen data, dan sekira 536 orang yang perpindahan dari kabupaten/kota maupun provinsi. Semunya ini juha butuh blanko e-KTP, belum lagi data pemilih pemula.

Kabid Kependudukan Sidrap, Muhammad Ali menambahkan, untuk mengantisipasi hal tersebut pihaknya telah nengeluarkan Surat Keterangan Pengganti Sementara (SKPS) KTP yang mencapai 7.457 SKPS KTP bagi warga yang sudah melakukan perekaman hingga Maret lalu.

“Masih ada sekira 22.175 dari 231.404 warga Sidrap wajib KTP yang belum melakukan perekaman,” tandasnya. (***)


div>