RABU , 17 OKTOBER 2018

BMKG Prediksi Cuaca Buruk Berpotensi Melanda Sulsel Beberapa Hari Kedepan

Reporter:

Editor:

asharabdullah

Selasa , 13 Juni 2017 20:12
BMKG Prediksi Cuaca Buruk Berpotensi Melanda Sulsel Beberapa Hari Kedepan

Ilustrasi.

MAKASSAR, RAKYATSULSEL.COM – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Wilayah IV Makassar, kembali merilis peringatan terjadinya potensi cuaca buruk di sejumlah wilayah di Sulawesi Selatan selama tiga hari ke depan.

“Untuk wilayah Sulsel masih akan terjadi kondisi cuaca buruk, seperti hujan deras dan angin kencang dengan intensitas lebat-sangat,” ucap Kepala Balai BMKG Wilayah IV Makassar, A Fachri Radjab, Selasa (13/6).

Dia menambahkan, dalam beberapa hari terakhir di Sulsel, tercatat curah hujan dengan intensitas lebat-sangat lebat terjadi di Masamba sebesar 85 mili meter (mm) serta Kabupaten Sinjai 94 mm.

Kondisi curah hujan tinggi ini di Sulsel, lanjut dia, disebabkan beberapa faktor, antara lain suhu muka laut di wilayah Selat Makassar dan Teluk Bone yang cukup hangat, selanjutnya kelembaban udara di wilayah Sulsel cukup tinggi mencapai 75 persen-94 persen.

“Dan adanya penjalaran udara ke atas yang cukup kuat. Berdasarkan hasil analisa angin oleh BMKG Makassar sejak 11 Juni terpantau adanya belokan angin di wilayah Sulsel,”katanya.

Dengan hal itu, bisa menyebabkan adanya perlambatan massa udara terutama di Sulsel bagian timur. Kondisi ini berpotensi meningkatkan pertumbuhan awan hujan di wilayah Sulsel.

“Dalam tiga hari kedepan, potensi terjadinya hujan sedang dan lebat disertai angin kencang di prediksi akan terjadi di beberapa wilayah di Sulsel” tuturnya.

[NEXT-RASUL]

Fachri menjelaskan, daerah tersebut, diantaranya Kabupaten Bulukumba, Sinjai, Bone, Wajo, Soppeng, Sidrap, Luwu, Palopo, Enrekang, Tana Toraja, Toraja Utara, Luwu Utara dan Luwu Timur.

Selain itu perlu diwaspadai terjadinya bencana alam, seperti genangan air, banjir, angin kencang, dan tanah longsor khusus di wilayah Kabupaten Bulukumba, Sinjai, Bone, Wajo, Soppeng, Sidrap, Luwu, Palopo, Enrekang, Tana Toraja, Toraja Utara, Luwu Utara dan Luwu Timur.


div>