SABTU , 17 NOVEMBER 2018

BNK Lanjut Periksa Urine PNS Sidrap

Reporter:

Editor:

hur

Senin , 11 April 2016 17:32
BNK Lanjut Periksa Urine PNS Sidrap

int

SIDRAP, RAKYATSULSEL.COM – Setelah pemeriksaan urine terhadap jajaran pegawai di lingkup Pemkab Sidrap, beberapa waktu lalu, hari ini, Senin (11/4) tes urin kembali dilanjutkan. Pemeriksaan yang diprakarsai Bupati Sidrap, H Rusdi Masse, bahkan bupati langsung ikut menjalani tes urine itu, Senin (11/4) hari ini.

Selain Bupati Rusdi, pemeriksaan urine diberlakukan untuk kalangan pejabat eslon II,III dan IV di lingkup Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sidrap. Pemeriksaan kali ini adalah tahap ketiga setelah pemeriksaan dua tahap beberapa waktu lalu.

Sekretaris BNK Kabupaten Sidrap, HA Baharuddin mengatakan, pemeriksaan kali ini merupakan pemeriksaan tahap ketiga. “Sebelumnya di tahap pertama diikuti 166 PNS, tahap ke dua diikuti 66 PNS bersama bapak bupati dan kali ini diikuti 50 orang,” kata Baharuddin.

Dari pemeriksaan tersebut, belum ditemukan adanya PNS yang positif narkoba. Untuk kelanjutannya, Baharuddin mengaku masih ada tahap selanjutnya. “Tahap selanjutnya mungkin sekitar 500 orang itu sudah menyentuh PNS hingga ke kecamatan dan dan kelurahan,”katanya.

Kadis Sosial dan Naketrans Sidrap ini menambahkan, ke depan BNK akan terus melakukan pemeriksaan urine kepada seluruh PNS lingkup Pemkab Sidrap tanpa terkecuali. “Kita ada surat dari Menteri Dalam Negeri (Mendagri) yang meminta dilakukan tes urine kepada seluruh PNS,” katanya.

Surat itu lanjut dia tertuang dalam instruksi Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia, nomor 354/1120/SJ tentang pencegahan penyelahgunaan narkotika dan obat/ bahan berbahaya di lingkungan pemerintah daerah. “Surat yang ditembuskan ke Gubernur, Bupati, Ketua DPRD itu memuat perintah untuk melakukan tes urine mulai pejabat sampai staf tanpa terkecuali yang hasilnya dilaporkan ke Mendagri,” jelas Baharuddin.

Sekretaris Satgas Pemberantasan Penggunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN) ini melanjutkan, tes urine yang dilakukan itu juga merupakan salah satu upaya pencegahan yang menjadi salah satu tugas dari P4GN.

Ia mengatakan, forum ini fokus memburu para pelaku narkoba di Sidrap. Dengan asumsi, letak Sidrap yang berada pada jalur perlintasan yang menghubungkan antar Kabupaten di Sulsel. “Dan Sidrap, sepertinya memang menjadi daerah penyebaran dan transit penyebaran narkotika,” katanya.

Dengan tes urine itu pula lanjut Baharuddin diharapkan, ke depan aparatur pemerintahan di Sidrap betul-betul bersih dari narkoba sehingga bisa menjadi pelopor dalam upaya pencegahan dan pemberantasan narkoba di Bumi Nene mallomo itu.


Tag
div>