SENIN , 19 NOVEMBER 2018

Bos Abu Tours Langsung Ditahan di Polda

Reporter:

Ramlan

Editor:

Lukman

Jumat , 23 Maret 2018 23:00
Bos Abu Tours Langsung Ditahan di Polda

Polda Sulsel saat menggelar konfrensi pers di Loby Mapolda Sulsel, Jumat (23/3).

MAKASSAR, RAKYATSULSEL.COM -Penyidik Subdit II Fismondev Direktorat Reserse kriminal khusus (Ditkrimsus) Polda Sulsel resmi menetapkan Direktur Utama PT Abu Tours, Hamsah Mambu (35) sebagai tersangka kasus penyelengaraan ibadah umroh.

Kabid Humas Polda Sulsel, Kombes Pol Dicky Sondani mengungkapkan tersangka secara resmi telah ditahan oleh penyidik Ditreskrimsus Polda Sulsel.

“Telah dilakukan penangkapan dan penahanan terhadap direktur utama PT Abu Tours sebagai tersangka kasus pidana penyelenggaraan Ibadah umroh,” ungkap Dicky saat menggelar konfrensi pers di Loby Mapolda Sulsel, Jumat (23/3) sekira pukul 13.30 wita

Dicky menambahkan, penetapan tersangka tersebut berdasarkan hasil dari penyelidikan penyidik. Dimana Abu Tours diduga memberangkatkan umroh dengan harga murah untuk menarik lebih banyak jamaah.

Selanjutnya untuk menarik minat para korban, pada gelombang 2018 Abu Tours membuka harga promo sehingga para jemaah menyetor sejumlah dana ke PT Abu Tours dengan harapan diberangkatkan.

“Namun pada akhirnya para korban tidak dapat berangkat sesuai waktu yang telah dijanjikan dengan alasan kesulitan finansial perusahaan,” terangnya.

Selain itu penetapan tersangka dilakukan atas dugaan menggunakan dana jamaah di luar peruntukan ibadah umroh seperti pengembangan unit bisnis dan pembelian aset.

“Diduga dana jamaah digunakan untuk kepentingan lain bukan untuk umroh,” katanya.

Akibatnya, tersangka CEO Abu Tours itu disangkakan dengan pasal 45 ayat (1) Jo pasal 64 ayat (2) UU penyelenggaraan haji Subsider Pasal 372 dan 378 Jo pasal 64 ayat 1 KUHP dan pasal 3, 4, 5 UU tindak pidana pencucian uang (TPPU)

“Tersangka dikenakan pasal penyelenggaraan haji dan pasal pencucian uang,” tutup Dicky. (*)


div>