RABU , 22 AGUSTUS 2018

Bos Abu Tours Resmi Jadi Tahanan JPU

Reporter:

Irsal

Editor:

asharabdullah

Sabtu , 21 Juli 2018 10:56
Bos Abu Tours Resmi Jadi Tahanan JPU

Kantor Abu Tours. (ist)

MAKASSAR, RAKYATSULSEL.COM – Tim Jaksa Penuntut Umum (JPU) menerima penyerahan tahap tersangka PT Abu Tours, Hamzah Mamba alias Abu Hamzah dalam kasus dugaan penipuan, penggelapan dan Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU) dana jamaah umrah dari penyidik Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Ditreskrimsus) Polda Sulsel.

Selain menyerahkan tersangka, penyidik juga menyerahkan sejumlah barang bukti kejahatan ke JPU yang dilaksanakan di Kantor Kejaksaan Negeri Makassar, Jumat (20/7) kemarin.

Saat tersangka diserahkan ke JPU, Hamzah Mamba didampingi oleh kuasa hukumnya untuk melakukan registrasi perkara dan penyerahan tahap dua.

Kepala Seksi Penerangan Hukum Kejaksaan Tinggi Sulsel, Salahuddin mengatakan tim JPU telah menerima penyerahan tahap dua tersangka beserta barang buktinya. “Tadi penyerahan tahap duanya, langsung dilakukan di Kejari Makassar,” kata Salahuddin.

Menurutnya, dengan diserahkannya tersangka bersama barang buktinya tersebut maka kewenangan perkara tersebut bukan lagi menjadi kewenangan, melainkan kewenangan JPU pada bidang Tindak Pidana Umum (Pidum). “Tersangka sekarang resmi menjadi tahanan JPU,” ujarnya.

Ia mengaku tersangka yang kini telah berstatus sebagai terdakwa akan menjalani masa penahanan JPU selama 20 hari ke depan. Sebelum nantinya dilimpahkan ke Pengadilan Negeri Makassar.
“Tersangka akan menjalani masa penahanan selama 20 hari di sel Rumah Tahanan (Rutan) Makassar,” ungkapnya.

Ia menjelaskan terdakwa dalam perkara ini disangkakan melanggar pasal tindak pidana penggelapan, pasal 374 subs 372 KUHP, Juncto pasal 55 ke (1) KUHP, Juncto pasal 64 ayat (1) KUHP dan atau pasal 5 Undang Undang (UU) nomor 8 tahun 2010 tentang Tindak Pidana Pencucian Uang.

Diketahui dalam kasus ini total kerugian uang jamaah sebesar Rp1,4 triliun. Dari jumlah jamaah sebanyak 86.720 orang, yang tersebar di 15 kota di Indonesia. (*)


div>