SENIN , 20 AGUSTUS 2018

BPBD Enrekang Tingkatkan SDM Relawan

Reporter:

Editor:

doelbeckz

Senin , 18 April 2016 19:26
BPBD Enrekang Tingkatkan SDM Relawan

Suasana pelatihan relawan BPBD Kabupaten Enrekang di Kantor BPBD Kabupaten Enrekang, Sabtu (16/4) malam.

ENREKANG, RAKYATSULSEL.COM – Relawan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Enrekang tidak hanya dituntut untuk maksimal di lapangan, tapi lebih dari itu, seorang relawan harus cakap dan pandai membuat laporan kejadian bencana.

Hal ini diungkapkan Kepala Seksi Kesiapsiagaan BPBD Kabupaten Enrekang, Eka Pebryanzah, saat memberikan materi tentang bagaimana cara mengumpulkan data dan cara mendokumentasikan kejadian bencana, di depan 20 relawan BPBD Kabupaten Enrekang di Kantor BPBD Kabupaten Enrekang, Sabtu (16/4) malam.

“Secara umum kekurangan selama ini adalah para relawan belum bisa memperoleh atau mendapatkan data secara maksimal jika terjadi kejadian bencana. Maka, perlu ada bimbingan sehingga jika terjadi bencana, para relawan sudah bisa mendapatkan atau memperoleh data-data bencana,” jelasnya.

Eka melalui rilis, Senin (18/4), mengatakan, seorang relawan setelah melakukan penanganan penanggulangan bencana, maka harus segera membuat laporan kejadian bencana. “Selain sebagai bukti pelaksanaan kegiatan, juga sebagai bahan laporan ke BPBD Provinsi dan laporan ke BNPB. Laporan tersebut harus secara tertulis dan dilengkapi foto-foto,” ujarnya.

Selama dua jam pelatihan tersebut dilaksanakan, para peserta sangat antusias mengikutinya. “Selama ini, kami memang mengalami kesulitan ketika akan mendapatkan data dilapangan. Tapi, setelah pelatihan ini kami sudah paham bagaimana cara memperoleh data dan cara mendokumentasikannya,” kata Kanno, salah seorang relawan.

Kegiatan pelatihan seperti ini, memang sangat sering dilakukan, sebagai upaya peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) bagi tenaga relawan yang ada di BPBD Kabupaten Enrekang.

Sebelumnya, telah dilakukan pelatihan cara pelaporan kejadian bencana dengan menggunakan alat komunikasi atau radio, yang ada di Posko Pusdalops BPBD Kabupaten Enrekang.

Satu persatu relawan mempraktekan cara melapor yang dipandu Kepala Seksi Pencegahan, Lukman Dering. “Setiap pagi dan sore BPBD yang ada di daerah melaporkan kondisi cuaca oleh petugas posko ke Pusdalops BNPB yang ada di Jakarta. Makanya, setiap yang bertugas harus cakap dan pandai saat melaporkan keadaan cuaca tersebut,” jelas Lukman. (***)

 


div>