SABTU , 20 OKTOBER 2018

BPD Pinrang Dilatih Penguatan Kapasitas

Reporter:

Editor:

doelbeckz

Kamis , 01 Desember 2016 17:55

PINRANG, RAKYATSULSEL.COM – Pengurus Badan Permusyawaratan Desa (BPD) se-Kabupaten Pinrang kembali dilatih untuk meningkatkan kapasitasnya dalam mengembang tugas sebagai perwakilan masyarakat desa dalam menampung dan menyalurkan aspirasi mereka.

Para pengurus BPD Pinrang ini akan dilatih dan digodok selama tiga hari, 1-3 Desember 2016 dan dibuka Sekretaris BPMPDK Sulsel, Sentot Irawan di Hotel M Regency Makassar, Kamis (1/12).

Panitia Pelaksana Pelatihan, Yudiman, menjelaskan, kegiatan ini dilaksanakan Ruang Belajar Masyarakat (RBM) Lasinrang Pinrang dengan Pemerintah Desa di Pinrang yang pesertanya sebanyak empat orang pengurus BPD setiap desa dari 16 Desa yang tersebar di Kecamatan Cempa, Lanrisang, Mattiro Bulu.

Ketua RBM Lasinrang Pinrang, Syahruddin, mengatakan, kegiatan pelatihan bagi aparatur dan lembaga pemerintahan desa yang dilakukan RBM Lasinrang Pinrang ini adalah yang kesekian kalinya. RBM, beberapa waktu lalu juga telah menggelar pelatihan paralegal bagi masyarakat desa yang ada di Pinrang.

Khusus pelatihan BPD ini, RBM sebagai ruang masyarakat Pinrang untuk belajar mencoba menguatkan kembali kewajiban, fungsi dan tugas BPD sebagai bagian dari lembaga pemerintahan desa. Syahruddin menilai, hal ini penting mengingat peran BPD terhadap pelaksanaan pemerintahan desa, sangat dibutuhkan terlebih dalam pengimplementasian UU Nomor 6/2014 tentang Desa.

Syahruddin berharap, kegiatan pelatihan BPD yang digelar RBM ini semoga menjadi bahan penguatan kapasitas lembaga tersebut sehingga dapat bersinergi dengan pemerintah desa.

“Kita berharap RBM sebagai pelaksana dapat menjalankan fungsinya sebagai salah satu lembaga pembelajaran dan pelatihan masyarakat di Pinrang yang mengutamakan kualitas dan pelayanan,” jelasnya. (***)


div>