SELASA , 17 JULI 2018

BPJS Kesehatan Salurkan KIS-PBI

Reporter:

Editor:

hur

Kamis , 04 Februari 2016 17:12

TANA TORAJA, RAKYATSULSEL.COM – Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Cabang Makale, bekerja sama dengan PT Pos Indonesia Cabang Makale, menyalurkan Kartu Indonesia Sehat (KIS) kepada ratusan ribu warga miskin sasaran di tiga kabupaten, masing-masing kabupaten Tana Toraja, Toraja Utara, dan Enrekang.

Namun dalam proses penyaluran itu, PT Pos Indonesia, sebagai pihak yang diberi kepercayaan, mengalami kendala karena banyak alamat warga miskin sasaran KIS yang tidak jelas. Ketidakjelasan alamat ini membuat PT Pos Indonesia mengembalikan 2.378 amplop yang berisi KIS ke Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Cabang Makale.

Kepala PT Pos Indonesia Cabang Makale, Yacub mengatakan, dari 21.128 amplop yang diterima, sebanyak 2.378 di antaranya tidak bisa disalurkan karena alamatnya tidak jelas. Sedangkan delapan amplop lainnya juga tidak disalurkan karena nama yang tertera sebagai penerima, sudah menjadi PNS (pegawai negeri sipil), sehingga tidak berhak lagi menerima.

Sementara itu Kepala Cabang BPJS Kesehatan Makale, Wahidah mengatakan, amplop KIS yang alamatnya tidak jelas yang dikembalikan PT Pos Indonesia langsung dicek data-datanya ke master file BPJS Kesehatan. Dari situ ditemukan alamat para warga miskin sasaran. Setelah itu, BPJS berkoordinasi dengan Puskesmas setempat, sehingga penyaluran KIS-PBI bisa dilakukan. Namun dia tidak menampik kemungkinan jika masih ada warga sasaran yang belum mendapat kartu KIS. Dikatakan jika warga miskin sasaran yang belum mendapat kartu KIS, dapat menanyakan langsung ke Posko BPJS di Makale.

Diuraikan, jumlah warga sasaran KIS-PIB di kabupaten Tana Toraja sebanyak 101.500 orang. Sedangkan kabupaten Toraja Utara sebanyak 94.896 orang, dan kabupaten Enrekang sebanyak 87.670 orang.


div>