SABTU , 21 JULI 2018

BPJS Ketenagakerjaan Sebut Empat OPD di Pangkep Abaikan Keselamatan Pekerja

Reporter:

Atho Tola

Editor:

asharabdullah

Rabu , 13 Desember 2017 15:17
BPJS Ketenagakerjaan Sebut Empat OPD di Pangkep Abaikan Keselamatan Pekerja

Kepala Cabang BPJS Ketenagakerjaan Pangkep Aminah Arsyad, Kepala BPJS Kota Makassar Usman Rappe, Asisten II Pemkab Pangkep Sofyan Hasan dan Kadisnaker Pangkep Jufri Baso, berfoto bersama saat rapat kerjasama operasional BPJS bersama Pemkab Pangkep, Pabu (13/12). Foto: Atho/RakyatSulsel

PANGKEP, RAKYATSULSEL.COM – Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan Kabupaten Pangkep menyebut ada empat Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kabupaten Pangkep tidak memperhatikan jaminan keselamatan para pekerja jasa konstruksinya.

“Ada empat Dinas di Pangkep yang harus memikirkan jaminan sosial itu, seperti Dinas PU, Kesehatan, Pertanian, dan Perikanan,” ungkap Kepala Cabang BPJS Ketenagakerjaan Pangkep, Aminah Arsyad, saat ditemui disela-sela rapat kerjasama operasional BPJS bersama Pemkab Pangkep, Rabu (13/12)

Menurutnya besaran kegiatan fisik dinas tersebut tidak diimbangi dengan perhatian terhadap keselamatan tenaga kerjanya, apalagi melalaikan kewajibannya dalam menekan para Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) untuk menginstruksikan kepada rekanan atau kontraktor untuk menyertakan para pekerjanya sebagai Peserta BPJS Ketenagakerjaan.

“Ini yang perlu diluruskan, yang bertanggung jawab mendaftarkan pekerjanya adalah pihak rekanan atau kontraktor, bukan dinasnya tetapi, dinas terkait harus menekan kepihak PPK kemudian diinstruksikan ke rekanan, itu bagian dari persyaratan administrasi,” tuturnya.

Dia menjelaskan, jika kewajiban tersebut sudah diatur di Permenaker nomor 44 tahun 2015, tentang kewajiban pengusaha kontraktor mendaftar kan pekerjanya.

Rapat kerjasama operasional BPJS bersama Pemkab Pangkep di buka Asisten II, Bidang Ekonomi dan Pembangunan, Sofyan Hasan, yang dihadiri langsung Kepala BPJS Ketenagakerjaan Makassar, Usman Rappe, dan diikuti oleh seluruh kepala OPD Lingkup Pemkab Pangkep. (*)


div>