MINGGU , 18 NOVEMBER 2018

BPKSDMD Tunggu Petunjuk Lelang Jabatan Sekda

Reporter:

Editor:

doelbeckz

Rabu , 01 Maret 2017 11:26
BPKSDMD Tunggu Petunjuk Lelang Jabatan Sekda

Walikota Makassar, Mohammad Ramdhan Pomanto. foto: rakyat sulsel.

MAKASSAR, RAKYATSULSEL.COM – Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Daerah (BPKSDMD) Makassar masih menunggu petunjuk pelaksanaan lelang jabatan Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Makassar. Diketahui, Sekda Ibrahim Saleh akan memasuki masa purna bakti Juli 2017 mendatang.

Sekretaris BPKSDMD Makassar, Basri Rakhman, mengatakan, ada dua opsi untuk mengisi posisi Sekkot. Bisa melalui proses lelang jabatan kemudian pejabat yang terpilih langsung dilantik setelah Ibrahim Saleh resmi pensiun, atau menunjuk Pelaksana Tugas (Plt) kemudian menggelar lelang jabatan.

“Apakah lelang jabatan dulu atau menunjuk Plt dulu, sepenuhnya itu menjadi kewenangan pak wali. Kita hanya melaksanakannya sesuai aturan dalam rangka mengisi kekosongan jabatan itu. Tapi saat ini masih belum ada petunjuk lebih lanjut dari pak wali,” ujar Basri Rakhman diberitakan Rakyat Sulsel, Rabu (1/3).

Untuk penunjukan Plt, dapat dilakukan setelah masa bakti Ibrahim Saleh berakhir Juli mendatang. Sesuai aturan Permenpan 13/2014, tentang tata cara pengisian jabatan lowong, dimungkinkan menunjuk Plt.

“Sementara ini masalahnya kan belum lowong, masih ada orangnya. Pak wali maunya habis masa jabatan pak Sekkot baru tunjuk Plt,” sebut Basri.

Walikota Makassar, Mohammad Ramdhan Pomanto sebelumnya mengaku, seluruh pejabat eselon II lingkup Pemkot Makassar berpeluang menjadi Plt Sekkot Makassar. Akan tetapi, ada syarat yang wajib dipenuhi.

“Jabatan pak Sekda kan masih lama berakhir. Nantilah saya sampaikan nama yang berpeluang, biar mereka fokus bekerja dulu. Yang jelas sudah ada beberapa nama sama saya,” ungkapnya.

[NEXT-RASUL]

Syarat bagi pejabat calon Plt Sekkot Makassar, yakni memiliki integritas dan loyalitas yang tinggi kepada kepala daerah selaku pihak pengguna pejabat.

“Pokoknya orangnya jujur, tidak ada riwayat korupsinya, taat dan loyal, kinerjanya baik, dan bisa berhubungan baik dengan siapapun,” tegas Danny, sapaan walikota.

Dijelaskan Danny, sesuai aturan kepegawaian yang berlaku, kekosongan jabatan akan diisi melalui proses lelang jabatan atau promosi terbuka untuk menetapkan pejabat Sekkot defenitif. Namun, sebelum menggelar lelang jabatan, pihaknya terlebih dahulu dia akan menunjuk Plt. (***)


div>