RABU , 13 DESEMBER 2017

BPOM Awasi Kangen Water Hingga Pelosok

Reporter:

Armansyah

Editor:

asharabdullah

Kamis , 30 November 2017 13:57
BPOM Awasi Kangen Water Hingga Pelosok

Ilustrasi.

* Overclaim dan Tak Miliki Izin Edar

MAKASSAR, RAKYATSULSEL.COM – Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) Sulsel terus mengawasi peredaran produk Kangen Water hingga ke pelosok daerah. Pengawasan hingga ke daerah-daerah dilakukan sekaligus memberikan pemahaman kepada masyarakat bahwa peredaran produk Kangen Water menyalahi aturan.

“Kita dari BPOM Sulsel sudah turun ke lapangan mengecek peredaran produk ini, dan kita monitor hingga ke daerah-daerah,” kata Kepala BPOM Sulsel Muhammad Guntur, Rabu (29/11) kemarin.

Ia mengatakan, produk ini tidak memiliki izin pengemasan dan edar dari BPOM RI dan peredarannya telah dilarang sejak 2014 lalu. “Produk ini overclaim, tidak boleh ada produk baik minuman maupun makanan yang mengklaim sebagai obat dan bisa menyembuhkan penyakit. Besar atau kecil klaim itu tetap tidak boleh, karena ini adalah minuman bukan obat, itu menyesatkan,” ungkap Guntur.

Sedikitnya ada tiga tim yang diturunkan BPOM Sulsel untuk menyisir mal, dan beberapa supermarket di Kota Makassar dan sekitarnya.

Meski tidak berhasil menemukan produk dalam kemasan di beberapa supermarket, setidaknya ada tiga tempat produksi kecil yang berhasil ditemukan oleh petugas, yaitu di Jl Cendrawasih I, Jl Baji Gau dan Jl Sunu. “Tim itu sudah ada tiga tempat produksi yang kita amankan, ada ditemukan botol kemasan itu juga kita sita,” kata Guntur.

Kata dia, untuk tiga tempat ini pihaknya kemudian memberikan surat teguran untuk tidak lagi mengemas maupun mengedarkan kangen water tersebut ke masyarakat.
Rencananya, tim kembali akan menyisir beberapa supermarket di berbagai daerah seperti Gowa, Parepare, Maros dan beberapa daerah lainnya hingga beberapa hari kedepan. “Jadi, semua yang berkemas itu kita amankan. Tidak boleh seperti itu, karena tidak ada izin dari BPOM RI,” ucap Guntur.

Sebagai informasi, BPOM Makassar mengimbau kepada masyarakat untuk menjadi konsumen yang cerdas dengan tidak membeli maupun menggunakan Kangen Water karena belum mengantongi izin edar dari BPOM RI. (*)


div>