RABU , 12 DESEMBER 2018

BPOM Sita Makanan Ilegal Asal Malaysia

Reporter:

get_the_user_login

Editor:

doelbeckz

Rabu , 22 Maret 2017 11:49
BPOM Sita Makanan Ilegal Asal Malaysia

Ilustrasi. foto: net

MAKASSAR, RAKYATSULSEL.COM – Balai Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) Sulsel menyita sedikitnya 130 jenis makanan ilegal dari Malaysia. Ratusan jenis makanan ini masuk ke Sulsel melalui jalur laut dari Nunukan ke Pelabuhan Parepare.

“Jumat malam kita melakukan Operasi Opson dengan pihak kepolisian dan telah menemukan sejumlah produk makanan yang tidak memiliki izin. Kita telah sita 1.150 bungkus makanan dan minuman ilegal di Kota Parepare. Dari 1.150 bungkus itu terdiri dari 130 macam makanan,” kata Kepala BPOM Sulsel, Muhammad Guntur di Kantor Kejaksaan Tinggi Sulselbar diberitakan Rakyat Sulsel, Rabu (22/3).

Dilanjutkan Guntur, operasi yang dilakukan berupa penggeledahan di salah satu gudang di Kota Parepare yang diduga telah beroperasi selama beberapa tahun terakhir ini.

“Ada beberapa macam makanan, mulai dari biskuit, susu dan beberapa makanan yang lain yang saat ini telah dikemas untuk diedarkan di Sulsel dan saat ini sudah kita amankan di kator, Jl Baji Minasa Makassar, ” ucapnya.

Dari total makanan yang diselundupkan itu, Guntur memperkirakan, total kerugian negara bisa mencapai puluhan hingga ratusan juta rupiah.

“Kalau harga kerugian belum kita ketahui, karena saat ini masih dalam penyidikan namun harga barang tersebut kami telah prediksi mencapai Rp600 juta,” ujarnya.

Dalam operasi itu, BPOM Sulsel juga mengamankan pemilik barang. “Kita hanya mengamankan satu orang saja, yaitu diduga pemilik, dan saat ini kita masih melakukan penyidikan sebelum dilakukan pro justitia (sidang) karena kami telah menemukan dua alat bukti,” ungkapnya. (***)


div>