SELASA , 16 OKTOBER 2018

BPR Sulawesi Mandiri Luncurkan Tabungan Simpanan Pelajar

Reporter:

Editor:

hur

Rabu , 17 Februari 2016 16:28

MAKASSAR, RAKYATSULSEL.COM – PT Bank Perkreditan Rakyat Bank Sulawesi Mandiri resmi meluncurkan program yang telah digelontorkan Otoritas Jasa Keuangan yakni Tabungan SIMPEL (Simpanan Pelajar). BPR yang berkantor di Jl Kakatua No.47 Makassar ini resmi menggaet tiga sekolah untuk mengikutsertakan para siswanya dalam tabungan SIMPEL tersebut.

Direktur Utama BPR Sulawesi Mandiri, Dalmasius Panggalo mengatakan, BPR sebagai bagian industri perbankan turut serta dalam membangkitkan kembali budaya menabung untuk pelajar karena hal tersebut dapat menahan diri anak-anak untuk bersifat konsumtif.

Dijelaskan, produk SIMPEL ini sangatlah menarik, karena hanya dengan setoran awal Rp 5000, siswa bisa mempunyai buku tabungan sendiri. Selanjutnya, siswa hanya akan menyetor minimal Rp 1000. “Terlebih lagi, nasabah tidak dikenakan biaya administrasi tiap bulannya,” ujar Dal, sapaan akrabnya, di sela-sela peluncuran tabungan Simpel di Kantor BPR Sulawesi Mandiri, Rabu (17/2).

Tak hanya itu, lanjutnya, selama masa promosi ini, pihaknya memberikan bonus saldo Rp 10 ribu kepada setiap pelajar yang membuka tabungan SIMPEL. “Nanti juga dalam rangka sosialisasi kami akan membagikan produk Sosis So Nice dan susu bantal Real Good dari Japfa Group kepada para siswa,” terangnya.

Adapun tiga sekolah di Kecamatan Mariso yang resmi bekerjasama dengan BPR Sulawesi Mandiri yakni SDN 2 Mattoanging, SD Santo Yakobus, serta SMK Tekno Terapan.

Dal mengatakan, kedepan akan tetap menambah sekolah yang ingin kerjasama melalui sosialisasi namun untuk sementara konsentrasi pada Kecamatan Mariso. “Karena Kepala Sekolah SDN 2 Mattoangin juga kordinator Kepsek Se-kecamatan Mariso, maka dari itu beliau akan membantu lebih lanjut,” paparnya.

Sementara itu, Kepala Sekolah SDN Mattoangin 2, Drs Hairil Batuapi, mengaku sangat mendukung atas apa yang dilaksanakan pihak BPR khusunya di Kecamatan Mariso tersebut. Ia berharap, siswa yang menabung bisa melanjutkan hingga tingkat perguruan tinggi. “Jangan modal Rp 10 rb itu terus sampai terakhir tidak diisi-isi. Saya menghimbau untuk para orangtua tolong dibina anaknya supaya terus menabung,” pesannya di kesempatan yang sama.

Kepala OJK Regional Sulampua, Bambang Kiswono, menambahkan, dengan program tabungan SIMPEL tersebut diharapkan ada pembentukan karakter pelajar sehingga terbiasa menyisihkan uangnya untuk menabung. “Program ini juga diharapkan dapat bersinergi dengan berbagai program pemerintah untuk memberdayakan pelajar seperti program Indonesi Pintar,” sebutnya.

Sekedar diketahui, total aset BPR Sulawesi Mandiri per 31 Desember 2015 senilai Rp 74 Milyar, total Dana Pihak Ketiga (DPK) senilai Rp 54,5 Milyar, Modal inti 11 Milyar, Laba sebelum pajak Rp 2,9 Milyar, total Kredit modal kerja Rp 37,8 Milyar, Kredit investasi Rp 3 Milyar, Kredit Konsumtif sekitar Rp 18 Milyar, sedangkan Non Performing Loan berada di skala 4,53 persen. Tak tanggung-tanggung, tahun ini pihaknya menargetkan total aset meningkat 10 persen menjadi Rp 85 Milyar dan total DPK meningkat Rp 70 Milyar.


div>