BPS Barru Rekrut Mitra Kerja Pengumpul Data

Kepala BPS Kabupaten Barru, ‎Samingun

BARRU, RAKYATSULSEL.COM – Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Barru merekrut mitra kerja pengumpul data untuk menjalankan program nasional seperti Kartu Indonesia Pintas (KIP), Kartu Indonesia Sehat (KIS) dan Beras Sejahtera (Rastra).

Hal itu diungkapkan oleh Kepala BPS Kabupaten Barru, ‎Samingun. ‎”Program pendataan itu dilakukan dengan cara database terpadu, dilaksanakan oleh kami,” katanya, Rabu (11/10).

Menurutnya, perekrutan mitra kerja tersebut dilakukan karena tenaga BPS Barru terbatas sehingga dalam pengumpulan data di lapangan.

“Setelah di rekrut kami memberikan latihan mengenai tata cara memperoleh data ditengah-tengah masyarakat, mereka tidak bisa mencoret data yang sudah ada ataupun mengurangi,” ujarnya.

Ia menambahkan, langkah selanjutnya setelah data dikumpulkan adalah mengirimnya ke BPS pusat yang ada di Jakarta. Selain itu, kata dia, BPS pusat juga akan mensortir program apa yang sesuai untuk program bantuan ke daerah.

‘Terkait data warga miskin ada Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan (TNP2K) disana semua dipilah-pilah cocoknya untuk pendidikan misalnya ada KIP, untuk kesehatan ada KIS, seperti itu alur dan mekanisme data yang terkirim ke pusat,” ungkapnya.

Menurutnya, untuk mendukung data keakuratan yang diambil oleh mitra kerja, maka diharapkan mampu melakukan komunikasi dengan Ketua Rukun Tetangga (RT) dan Ketua Rukun Warga (RW).

‎”Sehingga dari keakuratan inilah dapat dikatakan bahwa urusan warga miskin ataupun keluarga tidak mampu dapat diketahui secara detail sebab data dari RT maupun RW plus tenaga mitra BPS,” ucapnya. (*)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here