MINGGU , 21 OKTOBER 2018

BPS Torut Siapkan 157 Petugas Pendataan Sensus Ekonomi

Reporter:

Editor:

faisalpalapa

Kamis , 14 April 2016 11:03
BPS Torut Siapkan 157 Petugas Pendataan Sensus Ekonomi

int

TORAJA UTARA, RAKYATSULSEL.COM – Sensus ekonomi yang akan di gelar mulai 1 Mei hingga 31 Mei. Untuk melaksanakan sensus Badan Pusat Statistik (BPS) kabupaten Toraja Utara, telah melakukan berbagai persiapan bahkan dari 5ahun 2015 lalu, dan akan menurunkan petugas sensus sebanyak 157 petugas sensus.

Demikian ungkap Kepala BPS Torut, Ruben kepada rakyatsulsel, kemarin (13/4) di ruang kerjanya.

Lebih lanjut dikatakannya bahwa petugas yang akan melaksanakan pendataan sensus ekonomi tersebut melalui proses mulai dari perekrutan hingga tranning yang dipusatkan di Makassar beberapa waktu lalu. Dan mulai 15 April ini mereka akan terjun ke lokasi masing-masing untuk melakukan survey wilayah masing-masing supaya nanti tanggal 1 Mei mereka langsung terjun dan melaksanakan tugas selama 1 bulan penuh. Sesuai rencana 29 April yang akan datang akan dilaksanakan pelepasan petugas sensus.

Dikatakannya pula bahwa, tujuan dari sensus ekonomi 2016 adalah mengumpulkan dan menyajikan data dasar seluruh kegiatan ekonomi, kecuali sektor pertanian, sebagai lembaga bagi penyusunan kebijakan, perencanaan, dan evaluasi pembangunan. Ditambahkannya, sensus ekonomi dilaksanakan setiap 10 tahun sekali. Adapun sensus ekonomi 2016 adalah sensus keempat, dimana akan dilaksanakan diseluruh wilayah NKRI dan mencakup semua aktifitas ekonomi dan skala ekonomi, kecuali sektor pertanian.

” sasaran adalah semua pelaku usaha yang ada di Torut baik badan usaha, rumah tangga dan usaha kecil lainnya, terkecuali pertanian ” ungkap Ruben.

Dalam rangka pelaksanaan sensus ekonomi tersebut, Ruben berharap kepada pemerintah, dan masyarakat khususnya pelaku usaha yang ada agar turut membantu dalam menyukseskan sensus ekonomi ini, dengan cara memberikan informasi yang benar, karena hasil sensus ini akan menjadi acuan selama 10 tahun kedepan, dan sesuai intruksi presiden bahwa data yang akan dipedomani adalah data dari BPS. (Ely)


Tag
div>