SABTU , 17 NOVEMBER 2018

Brimob Kirim Tim Jibom Amankan Asian Games

Reporter:

Editor:

doelbeckz

Senin , 23 Juli 2018 21:12
Brimob Kirim Tim Jibom Amankan Asian Games

Komandan Satuan Brimob Polda Sulsel, Kombes Pol Adeni Muhan Daeng Pabali (tengah) memeriksa persenjataan tim Penjinak Bom (Jibom) di Markas Brimob Polda Sulsel, Jl Sultan Alauddin, Makassar, Senin (23/7). Polda Sulsel mengirimkan Tim Penjinak Bom Detasemen Gegana untuk turut menjaga keamanan selama Asian Games 2018 di Jakarta dan Palembang. foto: zulkifli/rakyatsulsel.

MAKASSAR, RAKYATSULSEL.COM – Sebanyak satu tim anggota Penjinak Bom (Jibom) Brimob Polda Sulsel bakal dikirim untuk melakukan antisipasi pengamanan perhelatan Asian Games 2018 di Palembang.

Sebelum pemberangkatan dilakukan pengecekan alat dan kesiapan personel di Mako Gegana Brimob Polda Sulsel Jl Pa’baengbaeng, Makassar, Senin (23/7).

Berbagai peralatan seperti senjata api laras panjang, pistol, alat penjinal bom, serta bahan lainnya diperiksa langsung Komandan Satuan (Dansat) Brimob Polda Sulsel, Kombes Pol Adeni Muhan Daeng Pabali. Satu per satu alat diperiksa serta kesiapan personel yang akan ditugaskan melakukan pengamanan.

“Ada 10 personel Jibom yang terlatih kami siapkan untuk dikirim ke lokasi Asian Games 2018 di Palembang. Pengiriman dilakukan setelah kami menerima permintaan dari pusat,” jelas Muhan.

Muhan mengakui, pihaknya selalu siap sedia jika diperlukan. Untuk tahap pertama, hanya diminta Jibom untuk membantu pengamanan.

“Jika kami diminta personel dari unit lainnya juga kami tetap siap. Kami selalu bersedia ditugaskan di mana saja,” bebernya.

Pada pemeriksaan alat di Mako Gegana Brimob Polda Sulsel, Dansat Brimob Polda Sulsel juga sempat melihat aksi robot penjinak bom memindahkan kotak kecil yang diilustrasikan sebagai bom.

Robot penjinak bom yang harganya sebanding dengan Lamborgini itu dikendalikan oleh satu personel dan mampu melumpuhkan bom dan meminahkannya di tempat yang aman. (****)


div>