RABU , 13 DESEMBER 2017

BRT Bakal Buka Rute Baru Hingga Pelabuhan

Reporter:

Editor:

Sofyan Basri

Kamis , 05 Oktober 2017 22:19
BRT Bakal Buka Rute Baru Hingga Pelabuhan

ilustrasi

MAKASSAR, RAKSUL – Bus Rapit Trans (BRT) akan membuka melayani rute baru. Rute tersebut sementara dalam pembahasan, namun yang menjadi menjadi rutenya adalah pelabuhan penumpang, Soekarno-Hatta.

Hal itu, dibenarkan oleh Kepala UPT Transportasi Mamminasata Dishub Sulsel, Fahlevi Yusuf. Menurutnya, Kemenhub sedang mengkaji membuka rute BRT tersebut.

“Kan memang BRT direncanakan ini jadi moda transportasi terintegrasi. Menghubungkan antara Bandara-Pusat Kota kemudian Pelabuhan. Dan ini sementara kita kaji,” kata Fahlevi.

Sementara wilayah yang melintasi rute terintegrasi nanti, kata Fahlevi kemungkinan menghubungkan Bandara ke Mal GTC lalu ke Pelabuhan.

Meski demikian, Fahlevi mengakui jika BRT saat ini belum menjadi pilihan utama karena terkendala sosialisasi dan waktu tunggu. “Jadi tahun depan, kami fokus kampanye. Kampanye naik BRT,” jelasnya.

Selain itu, kata dia, penjajakan rute baru seperti Makassar-Takakar nantinya akan dibuat alternatif memutar, yakni jalurnya Takalar-Gowa-Metro Tanjung Bunga ke Pasar Butung. Alasannya karena jalan utama belum efektif.

“Awalnya akan dilayani bus BRT tetapi karena jembatan Barombong kecil sehingga dilayani bus perintis dengan kapasitas penumpang lebih kecil. Ini sudah direspon Dishub Takalar, Camat Tamalate dan pihak terkait. Sisa ada pertemuan resmi,” pungkasnya.


div>