BSPS Kembali Disosialisasikan

Pelaksanaan sosialisasi BSPS Kabupaten Sidrap tahun 2017, Selasa (22/3). foto: hamsah/rakyatsulsel.

SIDRAP, RAKYATSULSEL.COM – Setelah tahun lalu Kabupaten Sidrap mendapatkan Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, tahun ini Sidrap kembali akan menerima bantuan serupa.

Untuk kelancaran realisasi bantuan tersebut, Dinas Pemukiman dan Perumahan Rakyat menggelar sosialisasi pelaksanaan BSPS Kabupaten Sidrap tahun 2017, Selasa (22/3).

Acara yang dihadiri sejumlah kepala desa, lurah dan camat penerima BSPS itu, dibuka Kepala Dinas Perumahan Kawasan Pemukiman, Pertanahan, dan Lingkungan Hidup, Hj Aryani. Menurutnya, tahun lalu Sidrap cukup banyak menerima bantuan BSPS ini, sehingga dari pelaksanaan BSPS tahun lalu itu, bisa menjadi pelajaran untuk pelaksanaan BSPS yang lebih baik lagi untuk tahun ini.

“Bagi semua pihak yang terlibat dalam pelaksanaan BSPS ini, terutama para pendamping agar bisa belajar dari pelaksanaan BSPS sebelumnya, agar pelaksanaan BSPS ini bisa lebih baik lagi,” katanya.

Aryani mengingatkan, BSPS ini adalah bantuan swadaya sehingga dalam pelaksanaannya memang dibutuhkan swadaya dari masyarakat sendiri, sehingga tidak heran jika dalam pelaksanaannya ada yang pelaksanaan melebihi angka bantuan.

“Namanya juga swadaya, tentu tidak bertumpu pada bantuan ini
ini saja. Dan Alhamdulillah di Sidrap ini ada penerima BSPS dana swadaya dari masyarakat seimbang bahkan ada yang lebih besar dari bantuan. Itu artinya program ini bisa dibilang berhasil,” terangnya.

Dalam kesempatan itu, Aryani juga berharap agar pihak kepolisian turut ambil bagian dalam melakukan pengawasan pelaksanaan BSPS tersebut sehingga bisa tepat sasaran. Acara sosialisasi tersebut memang
menghadirkan pihak kepolisian.

Materi sosialisasi disampaikan PPK Rumah Swadaya Dinas PU Provinsi Sulsel Iskandar yang menjelaskan secara rinci jenis bantuan dan syarat penerima BSPS. (***)