JUMAT , 20 JULI 2018

BTKLPP Cek Kesehatan Supir Angkutan Daerah

Reporter:

Editor:

doelbeckz

Selasa , 20 Juni 2017 13:46
BTKLPP Cek Kesehatan Supir Angkutan Daerah

Petugas tim medis memeriksa kesehatan para supir angkutan umum antar kabupaten/kota di Terminal Malengkeri Makassar, Jl Mallengkeri Makassar, Senin (19/6). Pemeriksaan kesehatan dilakukan untuk mencegah terjadinya kecelakaan pengemudi saat mudik Idulfitri 1438 H. foto: md fajar/rakyatsulsel.

MAKASSAR, RAKYATSULSEL.COM – Balai Teknik Kesehatan Lingkungan dan Pengendalian Penyakit (BTKLPP) Kelas I Makassar, menggelar pengecekan kesehatan kepada seluruh supir mobil angkutan antar daerah di Terminal Mallengkeri, Kecamatan Tamalate Makassar, Senin (19/6).

Salah seorang petugas Balai Teknik Kesehatan Lingkungan, dr Eni Setiawati yang ditemui dilokasi menjelaskan, kegiatan ini merupakan Sistem Kewaspadaan Dini (SKD) arus mudik lebaran Idulfitri 1438 H. Para supir menjalani pemeriksaan meliputi tekanan darah, cek urine, dan sampel darah.

“Selain itu, melalui pemeriksaan ini juga dapat menilai faktor risiko penyakit pada sopirnya ataupun Kejadian Luar Biasa (KLB) seperti diare, dan keracunan makanan pada supir,” ungkapnya diberitakan Rakyat Sulsel, Selasa (20/6).

Selanjutnya, apabila dalam pemeriksaan terhadap supir didapati adanya penyakit yang diderita, maka supir tersebut akan diarahkan untuk segera berobat ke rumah sakit atau puskesmas. Kegiatan ini dalam rangka memastikan keselamatan pemudik jelang Idulfitri 1438 H.

“Hal ini dilakukan agar supaya menghindari resiko kecelakaan, jadi bukan hanya kendaraannya saja yang harus dicek kelayakannya, tapi supirnya juga harus dipastikan kondisinya. Karena kesehatan supir itu salah satu penunjang keselamatan dalam berkendara,” tandasnya. (***)

 


div>