SENIN , 22 OKTOBER 2018

Buat Inovasi, Bupati Bantaeng Resmikan Rumah Data

Reporter:

Jejeth Aprianto

Editor:

Iskanto

Jumat , 05 Oktober 2018 09:00
Buat Inovasi, Bupati Bantaeng Resmikan Rumah Data

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bantaeng meresmikan rumah Dataku di Desa Kaloling, Kecamatan Gantarangkeke, Kamis (4/10).

BANTAENG, RAKYATSULSEL.COM – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bantaeng meresmikan rumah Dataku di Desa Kaloling, Kecamatan Gantarangkeke, Kamis (4/10). Rumah Dataku ini akan menjadi tempat untuk melakukan intervensi permasalahan kependudukan di Bantaeng.

Rumah Dataku diresmikan Bupati Bantaeng, Dr. Ilham Syah Azikin. Peresmian ini juga menandakan jika Kaloling menjadi daerah percontohan rumah dataku. Desa ini juga menjadi Rumah Data pertama yang mampu berdiri sendiri. Berbeda dengan rumah data lainnya yang biasanya hanya ditempatkan di rumah warga.

Rumah Dataku merupakan rumah yang difungsikan sebagai pusat data dan intervensi permasalahan kependudukan. Data yang dimaksud mencakup sistem pemanfaatan data kependudukan mulai dari mengunduh, membaca, mengidentifikasi memverifikasi dan menentukan pilihan data kependudukan.

Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana, Ratna Lantara mengatakan, Rumah Data Kependudukan sebagai model solusi strategis penanganan permasalahan kependudukan di Kampung KB.

“Selain itu juga sebagai upaya peningkatan tata kelola data, terutama di level mikro, sehingga data-data tersebut terintegrasi dengan sumber data lain untuk pemanfaatan dan intervensi program pembangunan,” jelas dia.

Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Sulsel, Rini Riatika Djohari mengapresiasi kegiatan peresmian ini. Disebutkannya bahwa ini semua tentu merupakan kerja sama yang baik dari sejumlah pihak.

“Kita butuh data akurat dan cepat di setiap hal, dan awal dari seluruh pembangunan adalah data. Rumah dataku ini diharapkan dapat menjadi sentral kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan di Desa Kaloling ini,” ujarnya.

Bupati Bantaeng, Dr. Ilham Azikin mengatakan bahwa keberadaan rumah dataku ini menjadi sebuah tempat yang nantinya akan memberikan data dalam merencanakan arah kebijakan pembangunan desa.

“Saya ingin ini menjadi contoh bagi desa lain, agar pengelolaan Kampung KB bisa sukses dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Dan ini menjadi tanggung jawab kita semua,” jelasnya.

Turut hadir pada kegiatan tersebut antara lain, Sri Dewiyanti Ilham yang merupakan Istri Bupati Bantaeng dan Camat Gantarangkeke, Sahabuddin, para Pimpinan SKPD, para Camat serta jajaran Pemerintah Kabupaten Bantaeng. (*)


div>