SELASA , 20 FEBRUARI 2018

Buka Bimtek Pencacahan, Syamsuddin : Semua Harus Tepat Sasaran

Reporter:

Atho

Editor:

asharabdullah

Kamis , 15 Februari 2018 14:40
Buka Bimtek Pencacahan, Syamsuddin : Semua Harus Tepat Sasaran

int

PANGKEP, RAKYATSULSEL.COM – Sebanyak 206 petugas dari setiap desa dan kelurahan di Pangkep mulai diberikan bimbingan tekhnis (bimtek) untuk mendata rumah tangga miskin pangan dan warga rumah tangga miskin non pangan, Rabu (15/02).

Bupati Pangkep, Syamsuddin Hamid, yang membuka langsung Bimtek Pencacahan di Ruang Pola Kantor Bupati Pangkep, meminta kepada seluruh kepala OPD, Camat dan Lurah untuk memperhatikan kondisi masyarakatnya, terutama warga yang kekurangan pangan dan non pangan.

“Saya minta seluruh kepala Dinas untuk serius melaksanakan program pengentasan kemiskinan, jujurki mendata, jangan sampai ada yang terlewatkan,” ungkapnya.

Syamsuddin berharap angka kemiskinan yang saat ini tercatat sekitar 52.860 atau 16% dari penduduk Pangkep dapat berangsur-angsur dikurangi.

“Kita harus bekerja keras untuk menguranginya, kita ini kaya akan sumber daya, kenapa harus tertinggal” tambah Bupati dua periode tersebut.

Terpisah, Kepala Dinas Statistik kabupaten Pangkep, Andi Hermien berharap agar peserta bimtek dapat memahami tekhnik penyajian pertanyaan kepada responden serta menggali kebutuhan yang prioritas dari responden.

“Agar tidak ada lagi kekeliruan dalam mengambil sampling, maka diharap bimtek ini dapat tepat sasaran, baik dari segi pertanyaan maupun kebutuhan responden,” tuturnya.

Dengan pencacah tersebut, pihak pemerintah dapat memperoleh data rumah tangga miskin pangan dimana rumah tangga ini sudah tidak memiliki kemampuan melakukan hal yang produktif.

Sedangkan rumah tangga miskin non pangan, rumah tangga ini masih sangat produktif namun memiliki keterbatasan dalam hal peningkatan taraf hidupnya. (*)


div>